Rancang Bangun Permainan Tebak Kata Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Usia Dini

Main Article Content

Millati Izatillah
Opitasari Opitasari
Imam Himawan
Irawan Setiadi

Abstract

Gamifikasi adalah penggunaan dari teknik desain permainan, permainan berpikir dan permainan mekanik untuk meningkatkan non-game konteks. Biasanya gamifikasi berlaku untuk non-game aplikasi dan proses, untuk mendorong orang untuk mengadopsi mereka, atau untuk mempengaruhi bagaimana mereka digunakan. Pada anak usia dini edukasi akan lebih menyenangkan dengan permainan, termasuk dalam mengenalkan Pendidikan agama islam. Minimnya aplikasi permainan edukasi untuk anak usia dini yang terdapat pada play store terbilang masih sangat minim. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah permainan tebak kata untuk anak-anak yang mengajarkan Pendidikan agama islam. Perancangan Sistem menggunakan metode R&D dan perancangan sistem menggunakan UML Unified Modeling Language dengan beberapa diagram diantaranya Usecase Diagram, Class diagram, sequence diagram dan activity diagram.

Article Details

Section
Articles

References

H. Abdullah, S. S. S., & Husni, “Developing Islamic Educational Game Application for Children Aged 4-6 Years Old,” Int. J. Emerg. Technol., vol. 15, no. 3, pp. 142–155, 2020.

R. Kurniawan, “Sistem Informasi Antrian Pasien Klinik Umum (Studi Kasus Klinik Sutomo),” 2020.

A. Sani, S., & Arifuddin, “Design and Development of an Islamic Board Game for Learning Qur’an for Early Childhood.,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 11, no. 1, pp. 408–416, 2020.

L. (2011). Deterding, S., Dixon, D., Khaled, R., & Nacke, “From game design elements to gamefulness: Defining ‘gamification,’” Proc. 15th Int. Acad. MindTrek Conf., vol. 9Envisioni, no. 9, p. 15, 2011.

R. E. Indrajit, “Peranan Teknologi Informasi Pada Perguruan Tinggi: Paradigm,” Konsep dan Strateg. Implementasi, Graha Ilmu, 2014.

D. Febiharsa, I. M. Sudana, and N. Hudallah, “Uji fungsionalitas (blackbox testing) sistem informasi lembaga sertifikasi profesi (silsp) batik dengan appperfect web test dan uji pengguna,” Joined J. (Journal Informatics Educ., vol. 1, no. 2, pp. 117–126, 2018.

M. Muslich, KTSP: pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual, panduan bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Bumi Aksara, 2007.

T. Arifianto, “Membuat Interface aplikasi android lebih keren dengan LWUIT,” Andi Offset, Yogyakarta, 2011.