Implementasi media berbasis teknologi informasi terhadap Guru-guru dan siswa/i SMK PEMDA Lubuk Pakam

Authors

  • James Ronald Tambunan Akademi Manajemen Informatika Manajemen Widyaloka Medan
  • Marice Saragih Akademi Manajemen Informatika Manajemen Widyaloka Medan
  • Dewi Sartika Akademi Manajemen Informatika Manajemen Widyaloka Medan
  • Kevin Tambunan Akademi Manajemen Informatika Manajemen Widyaloka Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i1.90

Keywords:

Media, Teknologi Informasi, Guru dan Siswa

Abstract

Perkembangan dan kemajuan pesat di bidang industri dan teknologi informasi menyebabkan perubahan besar di berbagai aspek kehidupan manusia. Khususnya di dalam dunia pendidikan, dengan demikian seorang pengajar tidak boleh gagap teknologi ( gaptek) sebab jika seorang pengajar tidak paham dalam menggunakan media dalam melaksanakan proses belajar mengajar maka dengan sendirinya guru tersebut akan ketinggalan jaman alhasil anak murid yang di didik juga akan ketinggalan jaman, begitu juga seorang siswa harus cakap menggunakan aplikasi sehingga dapat semakin gampang memahami setiap pembelajaran yang diberikan seorang guru. Dalam pengabdian masyarakat ini penulis memberikan pelatihan tentang penggunaan  Aplikasi yang di Android dalam peningkatan hasil belajar siswa yaitu aplikasi Canva dan aplikasi editing video. Aplikasi Canva dan Editing Video sangat bermanfaat bagi SMK Pemda Lubuk Pakam karna setelah tamat sekolah mereka diharapkan dapat langsung bekerja atau buka usaha sendiri dengan demikian Aplikasi ini sangan mereka perlukan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dibagi menjadi lima bagian yaitu kegiatan pre-test, exsplorasi, elaborasi, konfirmasi dan post-test. Pada tahap pre-test para peserta mengerjakan soal yang diberikan tanpa menggunakan Aplikasi Canva, pada tahap explorasi nara sumber melakukan brainstorming kepada peserta yang berhubungan dengan Penggunaan Aplikasi Canva , setelah melakukan brainstorming narasumber melakukan kegiatan elaborasi, yaitu penjelasan materi tentang penggunaan Aplikasi Canva , pada tahap konfirmasi peserta diarahkan untuk membentuk kelompok dan mempersentasikan hasil diskusi di depan kelompok lainnya. Pada tahap post-test peserta mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi pelatihan dengan hasil terdapat peningkatan nilai post-test meningkat menjadi 76,60 atau 59,26 %  dimana hasil rata-rata pre-test 45.40 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Aplikasi Canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dengan menggunakan media siswa/siswi dapat lebih cepat paham tentang materi yang disampaikan oleh seorang guru dan berdasarkan hasil quisioner yang diberikan bahwa peserta 72 persen setuju dilaksanakan Pengabdian Masyarakat Terebut dan 28 Peserta mengatakan sangat setuju dilaksanakan. Dengan demikian penulis simpulkan bahwa pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan bermanfaat bagi guru-guru dan siswa/I SMK Pemda Lubuk Pakam.

References

Ali, Mohammad ( 1984). Strategi Penelitian Pendidikan . Bandung : Angkasa

Agustania, Anindita. ( 2014) Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinasmis di SMK Negeri 1. Skripsi. Diakses 26 April 2019

Arsyad, Azhar (2003) Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Asmani, Jamal Ma,mur. 2010. Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta : Diva Press.hlm 35

Dewi Yulisyanti .2021. Penggunaan Aplikasi Sebagai Media E-Learning Remaja di Karang Taruna. Jurnal of Empowerment. Hlm 91

Ermayulis, S. 2020. Penerapan Sistem Pembelajaran daring dan luring di Tengah Pandemi Covid -19 . hlm

Kemendikbud, 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Rebublik Indonesia No.67 Tahun 2013. Jakarta Kemendikbud

Oktavian Riskey dan Aldya Riantina Fitra (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pandemi. Jurnal Ilmu dan Pengetahuan.2(2), hlm 16

Rosenberg, MJ, 2001. E-Learning : Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. New York : McGraw-Hill

Sadiman ( 1986) . Motivasi dan Belajar. Diakses 6 April 2019

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Tambunan , J. R. ., Saragih , M. ., Sartika, D. ., & Tambunan, K. . (2022). Implementasi media berbasis teknologi informasi terhadap Guru-guru dan siswa/i SMK PEMDA Lubuk Pakam. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Widya (PUNDIMASWID), 1(1), 6-12. https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i1.90