Analisa Kepuasaan Mobile Aplication e commerce pada siswa sma yadika 13 menggunakan metode AHP

Authors

  • Ahmad Ikhwan Universitas Nusa Mandiri
  • Fitri Hanung Wibowo Universitas Nusa Mandiri
  • Avian Reventiary Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v3i1.33

Keywords:

AHP, Android, Expert Choice, E-Commerce

Abstract

Media sosial adalah salah satu media online yang mendukung interaksi sosial. Twitter, Facebook, Instagram, Path, Blog dan Wikipedia adalah beberapa situs media sosial yang popular di era modern saat ini. Beberapa aplikasi media sosial memiliki fitur yang hampir sama, tapi untuk membuat user atau konsumen tertarik pada aplikasi tersebut, masing-masing application developer menyuguhkan keunikan tersendiri pada aplikasi buatannya. Karena keunikan dari aplikasi media sosial tersebut, menjadikan user atau konsumen menggunakan satu atau beberapa aplikasi media sosial tersebut. Maka dari itu, dibutuhkan sistem yang dapat mengambil keputusan dalam memilih aplikasi media sosial pilihannya berdasarkan keinginaan dan kegunaannya. Pemilihan aplikasi media sosial dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process dan perhitungannya dengan Software Expert Choice dapat memudahkan para pengguna smartphone android untuk menentukan dan memilih aplikasi media sosial mana yang paling baik, tampilan aplikasi yang menarik, kemudahan dalam menggunakan aplikasi, konten menarik pada aplikasi dan fitur-fitur unik yang ada aplikasi. AHP menggabungkan beberapa penilaian dan nilai-nilai pribadi ke dalam satu cara yang bersifat logis. AHP dapat menyelesaikan masalah multi-kriteria yang bersifat kompleks menjadi suatu hirarki.

Author Biographies

Ahmad Ikhwan, Universitas Nusa Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

Fitri Hanung Wibowo, Universitas Nusa Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

Avian Reventiary, Universitas Nusa Mandiri

Program Studi Sistem Informasi

References

A. K. Putra, R. D. Nyoto, and P. H. Sasty, “Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Penyedia Jasa Les Private Di Kota Pontianak Berbasis Web,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 22–26, 2017.

A. Y. S. Deni Apriadi, “E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 12, pp. 1684–1689, 2017.

F. Sonata, “Analisis Studi Kelayakan Pelayanan E-Commerce Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) Analysis of Feasibility Study of E-Commerce Services Using Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) Method,” Kominfo.go.id, vol. 7, no. 2, pp. 1–14, 2018.

A. Mutholib and S. Febrina, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Aplikasi Pendukung Keputusan Seleksi Karyawan Unicharm Indonesia,” Justit Umj, vol. 6, no. 3, pp. 21–26, 2017.

M. C. Zulfa, “Analisis faktor pemilihan aplikasi chatting para pengguna smartphone android dengan menggunakan metode analytic hierarchy process,” Disprotek, vol. 6, no. 1, pp. 86–94, 2015.

Jeperson Hutahaean, Konsep Sistem Informasi, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

D. Y. 2) Nandang Iriadi 1), “PENGARUH SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN MOBIL LCGC DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP),” J. Khatulistiwa Inform., vol. 61, no. 4, pp. 173–182, 2016.

Wiji Setiyaningsih, Konsep Sistem Pendukung Keputusan, 1st ed. Malang: Yayasan Edelweis, 2015.

N.- Narti, S. Sriyadi, N. Rahmayani, and M. Syarif, “Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dengan Metode AHP,” J. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 143–150, 2019.

S. Nia, Hanien, H, R. Rahmawati, and H. Yasin, “Penentuan Faktor Prioritas Mahasiswa Dalam Memilih Telepon Seluler Merk Blackberry degan Fuzzy AHP,” J. Gaussian, vol. 1, pp. 73–82, 2012.

R. R. P. Sari and N. Agustina, “Analisa Keputusan Pemilihan Aplikasi Chatting Untuk Group Pada Pengguna Smartphone Android Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP),” Paradigma, vol. 19, no. 2, pp. 131–141, 2017.

A. Ikhwan, M. A. Badruzaman, A. Khoir, and M. Muslihudin, “Implementasi Aplikasi Penghafal Huruf Berbasis,” vol. 4, no. 1, pp. 23–32, 2018.

Shopee, “Shopee Karir.” [Online]. Available: https://careers.shopee.co.id/about/.

Lazada, “Tentang Lazada,” Lazada, 2021. [Online]. Available: https://www.lazada.co.id/about/?spm=a2o4j.home.footer_top.6.57994ceeXORBnl.

Blibli.com, “Tentang Blibli,” 2021. [Online]. Available: https://www.blibli.com/faq/tentang-blibli/tentang-blibli-com/.

L. Dewi and S. Nathania, “Pengukuran Aspek Kepuasan Konsumen Le Fluffy Dessert,” J. Bisnis Terap., vol. 2, no. 01, pp. 61–72, 2018.

Downloads

Published

2022-04-03