PENGARUH PENERAPAN E- FILLING, KUALITAS PELAYANAN, DAN KESADARAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KPP PRATAMAMEDAN TIMUR

Authors

  • Manila Giawa Universitas Potensi Utama Medan
  • Siti Aisyah Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.338

Keywords:

Penerapan E-Filling, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Kepatuhan wajib pajak merupakan tindakan wajib pajak dalam pemenuhan kewajiban
perpajakannya sesuai dengan ketentuan peraturan-perundang-undangan dan peraturan pelaksanaan
perpajakan yang berlaku dalam suatu Negara.Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui pengaruh
Penerapan E-Filling, Kualitas Pelayanan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib
Pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. populasi yang
digunakan adalah wajib pajak orang pribadi wajib SPT di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan
Timur sebanyak 166.216 wajib pajak pada tahun 2023. sampel yang digunkan dalam penelitian ini
adalah sejumlah 50 wajib pajak orang pribadi yang merupakan wajib pajak yang terdaftar di Kantor
Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier
berganda dilengkapi dengan uji asumsi klasik. Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa
Penerapan E-Filling, Kualitas Pelayanan dan Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh terhadap
Kepatuhan Wajib Pajak. Hasil secara simultan dimana Penerapan E-Filling, Kualitas Pelayanan dan
Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

References

Addin Aditya, Yekti Asmoro Kanthi, & Siti Aminah. (2022). Metodologi Penelitian Ilmiah

Dalam Disiplin Ilmu Sistem Informasi (Pertama). CV. Andi Offset.

Agus Wahyudi. (2021). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, Penerapan SistemE-Billing,

Kebijakan Insentif Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ilmiah

Akuntansi Kesatuan, 9(2), 299–308. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i2.800

Ahmad, A., & Jaya, I. (2021). Biostatistik Statistik Dalam Penelitian Kesehatan (Pertama). CV.

KENCANA

Buchari Alma. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa (Ketiga Belas).CV. Alfabeta.

Deva, S. A. (2021). KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi Pengaruh

Penerapan E-filing dan Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi:

Kepuasan Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada KPP Pratama Surakarta).

Donni Juni Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pertama). CV.Pustaka Setia.

Dwikora Harjo. (2019). Perpajakan Indonesia (Kedua). Mitra Wacana Media

Evi Malia. (2023). Pajak Kita Problematika Terkini (Pertama). PT. NasyaExpanding

Management

Fandy Tjiptono. (2019). Kepuasan Pelanggan Konsep, pengukuran & Strategi.(Pertama). CV.

Andi Offset.

Febriyanti, N. W. A., Mahaputra, I. N. K. A., & Sudiartana, I. M. (2022). Pengaruh

KualitasPelaynan, Sanksi Pajak, Motivasi Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan dan Pemahaman

Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama

Badung Utara. Jurnal Kharisma, 4(3).

G. Chandra, & Fandy Tjiptono. (2016). Manajemen Kualitas Jasa (Kedua Puluh Satu). CV. Andi

Offset.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete?: IBM SPSS 23 (P. P. Harto, Ed.; I). Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanum, Z., & Mulyawan, M. I. (2024). Pengaruh Penerapan E-Billing dan E-Filling Terhadap

Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pemahaman Perpajakan Sebagai Variabel Moderating. Owner,

(2), 1255–1267. https://doi.org/10.33395/owner.v8i2.2066

Imam Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10

(Kesepuluh). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Imam Nashirudin. (2023). Politik Hukum Penyelesaian Sengketa Pajak (Pertama). Uwais

Inspirasi Indonesia.

Imam Supriadi. (2020). Metode Riset Akuntansi (Pertama). CV. Budi Utama.

Irsan Lubis, & Suryani. (2020). Perpajakan Digital (Pertama). ANDI OFFSET.

LIberty, Muhammad Ryan Fahlevi, Alfiansyah Imanda Putra, Gugus

Khriswahyuni, Eva Khoirunnisa, Era Rayhan, Rahmad, & Anisa. (2023). Kepatuhan Wajib

Pajak Kendaraan Bermotor (Dari Preferensi Risiko Hingga Dampak) (Pertama). Kolaborasi

Pustaka Warga.

Linda Alfiatus Afifah, & Susanti. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, e-System

Perpajakan dan Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Jurnal Akuntasi

Universitas Jember, 18(2).

Mardiasmo. (2019). Perpajakan (Pertama). CV. Andi Offset.

Marfila, R. R., Sofianty, D., & Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan

Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak

Kendaraan Bermotor (Survey PadaWajibPajak di SAMSAT Pajajaran Kota Bandung). KAJIAN

AKUNTANSI, 20(1).

Maria Imakulata, Wihelmina Mitan, & Yoseph Darius P. Rangga. (2023). Pengaruh

Kualitas Pelayanan Pajak Dan Pemahaman Peraturan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Maumere. Populer: Jurnal Penelitian

Mahasiswa, 2(3).

Mariana. (2022). Informasi Akuntansi dan Keputusan Kredit (Pertama). CV. Bintang Semesta

Media.

Mulyati, Y., & Ismanto, J. (2021). Pengaruh Penerapan e-Filing, Pengetahuan Pajak dan Sanksi

Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Pegawai Kemendikbud. Jurnal Akuntansi

Berkelanjutan Indonesia, 4(2).

Novimilldwiningrum, H., & Hidajat, S. (2022). Pengaruh Penerapan E-Filling dan E-Billing

Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Pemahaman Perpajakan dan Preferensi

Risiko Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderating (Studi kasus Pada KPP Pratama Surabaya

Sawahan). In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Vol. 13 Tahun 2024

Padriyansya Putra. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem Media Elektronik e-Filling dan e-Billing

Terhadap Tingkat Kepuasan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak di Fakultas Ekonomi

Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal Riset Bisnis Vol 2 (2) (April 2019) Hal: 102 – 111 EISSN?: 2598-005X P-ISSN?: 2581-0863.

Philip Kotler, & Kevin Lana Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 (Kedua Belas). PT

INDEKS.

Primandita Fitriandi. (2021). Bunga Rampai Keungan Negara 2021 (Pertama). Politeknik

Keuangan Negara STAN.

Priyatna, S. E. (2020). Analisis Statistik Sosial Rangkaian Penelitian Kuantitatif Menggunakan

SPSS (Pertama). Yayasan Kita Menulis.

Purnamasari, D., Sari, D., & Mulyati, Y. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan

Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan. Owner, 8(1),

–943. https://doi.org/10.33395/owner.v8i1.1876

R. A. Supriyono. (2018). Akuntansi Keperilakuan (Pertama). Gadjah Mada University Press.

Rahayu. (2020). Perpajakan Konsep, Sistem, Dan Implementasi (Pertama). Penerbit Rekayasa

Sains.

Rengganis, A., Haruna, N. H., Sari, A. C., & Sitopu, J. W. (2022). Penilitan dan Pengembangan

(Pertama). Yayasan Kita Menulis.

Rianty, M., & Putri, N. K. (2020). Pengantar Perpajakan (Perdana). PT. Awfa Smart Media.

Saputri, D. A., & Sulistia, E. (2019). Pengaruh Pengetahuan Peraturan Perpajakan Dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung

Karees (Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Bandung Karees). JAFTA,

(2).

Siti Kurnia Rahayu. (2017). Perpajakan (Konsep dan Aspek Formal) (Pertama). Rekayasa Sains.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Pertama). CV. Alfabeta.

Suparmoko, M. (2023). Ekonomi 2 (Pertama). CV. Alfabeta.

V. Wiratna Sujarweni. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi (Pertama). Pustaka

Baru Press.

Wahyudi. (2017). Statistika Ekonomi Konsep, Teori, dan Penerapan (Pertama). UB Press.

Yusuf, M., & Daris, L. (2018). Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi Dalam

Bidang Periklanan (Pertama). PT. Penerbit IPB Press.

Downloads

Published

2024-10-28