Hongkong Lotto


Dewatogel


Pengaruh Celebrity Endorsement, Variety Seeking, dan Product Quality Terhadap Purchase Intention Pengguna Emina Kosmetik (Studi Kasus Pengguna Emina Kosmetik Di Kota Medan)

Authors

  • Ratih Oktavia Manurung Universitas Potensi Utama Medan
  • Austin Alexander Parhusip Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.346

Keywords:

celebrity endorsement, variety seeking, prodct quality, dan purchase intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui celebrity endorsement secara parsial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap purchase intention pengguna emina kosmetik di kota Medan, untuk
mengetahui variety seeking secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase
intention pengguna emina kosmetik di kota Medan, prodct quality secara parsial berpengaruh positif
dan signifikan terhadap purchase intention pengguna emina kosmetik di kota Medan, celebrity
endorsement, variety seeking dan prodct quality secara simultan memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap purchase intention pengguna emina kosmetik di kota Medan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang menganalisis dan menguji dengan data
menggunakan angka dengan alat uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji
hipotesis, dan uji determinasi. Hasil Penelitian: secara parsial celebrity endorsement berpengaruh
positif dan signifikan terhadap purchase intention, secara parsial variety seeking tidak berpengaruh
positif dan signifikan terhadap purchase intention, secara parsial product quality berpengaruh positif
dan signifikan terhadap purchase intention, secara simultan celebrity endorsement, variety seeking
dan prodct quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention.

References

Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan

Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen

Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Adeni Yuha, J., Suhud, U., & Rahmi, R. (2024). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan

Pembelian pada produk Dessert di Wilayah Jakarta. VISA: Journal of Vision and Ideas, 4(1),

–178. https://doi.org/10.47467/visa.v4i1.60

Adiba, S. T., Suroso, A., & Afif, N. C. (2020). The Effect of Celebrity Endorsement on Brand

Image in Determining Purchase Intention. Journal of Accounting, Business and Management

(JABM), 27(2), 60. https://doi.org/10.31966/jabminternational.v27i2.700

Aditya I Gede Golden, Y. N. K. Y. (2024). Niat Beli Ulang?: Persepsi Harga, Brand Image, dan

Kualitas Produk. Pt. Media Putaka Indo.

Arissaputra, R. (2024). Purchase Intention Produk Fesyen Lokal Berdasarkan Analisis Celebrity

Endorsement Dan Brand Image. CV. Intelektual Manifes Media.

Aulia, S., & Basar Maringan Hutauruk. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Produk

Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Garnier (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Pelita

Bangsa). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1182–1191.

https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1242

Calvo-Porral, C., Rivaroli, S., & Orosa-González, J. (2021). The influence of celebrity

endorsement on food consumption behavior. Foods, 10(9), 1–16.

https://doi.org/10.3390/foods10092224

Dila Khoirin anisa, & Novi Marlena. (2022). Pengaruh User Generated Content Dan E-Wom Pada

Aplikasi Tik-Tok Terhadap Purchase Intention Produk Fashion. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2),

–218. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2610

Effriena Brilliany, & Anton P.W. Nomleni. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek

Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett. Jurnal Riset

Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 72–77. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i1.153

Farah Aqiella Sakinatun, & Soepatini. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Harga

Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Empiris pada Konsumen Pengguna TikTok Shop di

Wilayah Surakarta). Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20(2), 242–254.

https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i2.12056

Farouq, F., & Rusdi, F. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen

(Studi Kasus Erigo Apparel). Kiwari, 2(1), 62–67. https://doi.org/10.24912/ki.v2i1.2305

Fitria, I. (2023). Efektivitas Dukungan Selebriti dan Citra Merek terhadap Intensi Membeli

Produk Oreo Blackpink di Mediasi oleh Sikap Merek.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Bandan

Penerbit Universitas Diponogoro.

Hartanto Bobby, I. L. (2022). Minat Beli di Marketplace Shopee. PT. Inovasi Pratama.

Hidayanti, I. (n.d.). Ida Hidayanti’. 6.

Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser

Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis,

(1), 44. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54

Keller, P. K. dan K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Lukitaningsih, A., Ningrum, N. K., & Muttaqin, F. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Store

Atmosphere, Product Quality dan Service Quality terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada

Pelanggan Mie Gacoan Yogyakarta). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 372.

https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.794

Marwanto, B., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi

Harga Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (pada Konsumen Produk

Sayuran Cv Tani Organik Merapi Pakem Sleman). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(2), 120–128.

https://doi.org/10.56338/jks.v5i2.2251

Maulidah, F., & Russanti, I. (2021). Faktor–faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen

terhadap pakaian bekas. E-Journal, 10(3), 62–68.

http://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/820

Meithiani, I. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Downloads

Published

2024-10-30