Pengaruh Ketepatan Waktu dan Keamanan Barang Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Ekspedisi J&T Cargo Cabang Medan

Authors

  • Andi Yudha Erlangga Universitas Potensi Utama Medan
  • Ari Prabowo Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.385

Keywords:

Ketepatan Waktu, Keamanan Barang, Kepuasan Konsumen

Abstract

Kepuasan konsumen memberikan dampak yang realistis bagi seluruh pengguna jasa Jasa J&T Cargo
Cabang Medan dalam melaksanankan optimalisasi ketepatan waktu dan keamanan barang secara lebih
terencana dan terstruktur guna memenuhi rasa kepuasan, Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis,Ketepatan waktu,Keamanan barang,Terhadap Kepuasan konsumen
pengguna jasa ekspedisi J&T Cargo Cabang Medan,Analisis yang digunakan yaitu analisis
asosiatif,metode penelitian ini adalah kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
pengguna jasa ekspedisi J&T Cargo Cabang Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik penarikan sampel secara accidental sampling dengan menggunakan rumus Zikmund untuk
memperkecil jumlah sampel, maka sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 100 responden. Hasil
yang di dapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ketepatan waktu secara parsial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen, 2) Ketepatan Waktu secara parsial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, serta 3) Ketepatan waktu, Keamanan Barang
secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen.

References

A.Gholimah dan Darsono (2021) Pengaruh kualitas pelayanan,fasilitas, dan ketepatan waktu

delivery cargo terhadap kepuasan pengguna jasa Pabean di PT. Biru Pratama Logistindo Line

Semarang, (e-ISSN: 2964-5816; p-ISSN: 0853-8778,Hal18-32, Vol 27 No 2)

Adam, A. A. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Minat

Masuk Mahasiswa Baru Pada Universitas Potensi Utama Medan.(Studi Kasus Pada Fakultas

Seni Dan Desain). Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).

Adianti, S. S., & Trimarjono, A. (2024). pengaruh kualitas pelayanan dan ketepatan waktu

pengiriman terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi

pada j&t express ptc surabaya (Doctoral dissertation, Wijaya Kusuma Surabaya University)

Atmoko, P. T. (2022). Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman dan Harga terhadap Kepuasan

Konsumen pada Ninja Xpress Sampit. Keizai, 3(2), 93-104.

Dewi, A. F. (2020). Analisa Pengaruh Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan

Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Properti dan RealEstate yang Terdaftar di BEI). Accumulated Journal (Accounting and Management Research

Edition), 2(2), 124-133.Sari, M. P., Rachman, L. A., & Ronaldi, D. (2022). Pengaruh Harga,

Promosi dan Kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk YOU. Jurnal Enterpreneur

dan Bisnis (JEBI), 1(2).

Deviana, S., & Desitama, F. S. (2023). Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman, Kualitas

Pelayanan dan Sampel Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada CV Tunas Rimba

Di Kabupaten Tulungagung. YUME: Journal of Management, 6(2), 496-514.

Eviani, I., & Hidayat, Y. R. (2021). Pengaruh Sistem Pelacakan Online dan Ketepatan Waktu

Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus J&T Express Kota Baru Bekasi).

Jurnal Manajemen Logistik, 1(1), 11-19.

Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan

Penelitian), Yogyakarta: Andi.

FAJRIANTI, N., & Silviani, W. D. (2023). PENGARUH KENYAMANAN, KETEPATAN

WAKTU, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

KRL COMMUTER LINE SOLOYOGYAKARTA (Doctoral dissertation, UIN RADEN

MAS SAID).

Iqbal Luffi, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatam Waktu Dan Kepercayaan

Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Keagenan Pengurusan Surat Persetujuan Berlayar (SPB)

Di PT. Bahtera Setia Gresik (Doctoral dissertation, STIA Manajemen dan Kepalabuhan

Barunawati Surabaya).

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2016). Principles of marketing. Edisi 15 Global Edition.

Pearson.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2020). Principles of marketing. Edisi 15 Global Edition.

Pearson.

Kotler Dan Keller, (2015), Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga.

Kotler Dan Keller, (2015), Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2017. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12.

Elangga.

Downloads

Published

2024-10-30