Penerapan Algoritma Knuth Morris Pratt (KMP) pada Pencarian Data di SQL LIKE Operators

Main Article Content

Fenina Adline Twince Tobing
Alex Chandra
Rena Nainggolan

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana database tracking system dapat menemukan data yang diinginkan berdasarkan SQL LIKE Operator yang telah ditentukan dengan menggunakan Knuth Morris Pratt Algorithm (KMP) dalam pencarian data pada SQL. Structured Query Language (SQL) adalah sekumpulan perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. Untuk mencari data SQL pada query operator LIKE yang telah ditentukan dapat dilakukan melalui pencocokan string pada data yang ada untuk mendapatkan hasil. Pencocokan String adalah algoritma untuk mencari semua kemunculan string pendek yang disebut pola dalam string yang lebih panjang yang disebut teks. Knuth Morris Pratt Algorithm (KMP) adalah pencocokan string dalam teks dari kiri ke kanan dengan mencocokkan karakter per pola karakter dengan karakter dalam teks yang sesuai. Hasil penelitian menggunakan metode KMP pada query SQL berjalan dengan baik dalam melakukan pencarian data menggunakan Operator LIKE dan kemudahan dalam mengimplementasikan algoritma KMP dalam pencarian data pada SQL harus disesuaikan dengan wildcard pada operator LIKE.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fenina Adline Twince Tobing, Universitas Multimedia Nusantara

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dan Informatika

Alex Chandra, AMIK Widya Loka Medan

Program Studi Manajemen Informatika

Rena Nainggolan, Universitas Methodist Indonesia

Program Studi Komputerisasi Akuntansi

References

Wikimedia Foundation. “Pangkalan Data”. Wikipedia.org. https://id.wikipedia.org/wiki/Pangkalan_data (accessed 17 November 2021)

Wikimedia Foundation. “SQL”. Wikipedia.org. https://id.wikipedia.org/wiki/SQL (accessed 17 November 2021)

Wikimedia Foundation. “Algoritme Pencarian Strting”. Wikipedia.org. https://id.wikipedia.org/wiki/Algoritme_pencarian_string (accessed 17 November 2021)

C. Ariata (Juni 3, 2019). “Apa itu Query”. https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-query/ (accessed 17 November 2021)

W3schools. “SQL SELECT Statement”. W3schools.com. https://www.w3schools.com/sql/sql_select.asp (accessed 17 November 2021)

W3schools. “SQL FROM Keyword”. W3schools.com. https://www.w3schools.com/sql/sql_ref_from.asp (accessed 17 November 2021)

W3schools. “SQL WHERE Clause”. W3schools.com. https://www.w3schools.com/sql/sql_where.asp (accessed 17 November 2021)

W3schools. “SQL LIKE Operator”. W3schools.com. https://www.w3schools.com/sql/sql_like.asp (accessed 17 November 2021)

Singh. Puja, Pottle .Brian (April 2009). “Oracle Database 11g: SQL Fundamentals I”. (hlm 112-113). (accessed 17 November 2021)

Pip. (19 Mei 2016). “Algoritma KMP”. Piptools.net. https://piptools.net/algoritma-kmp-knuth-morris-pratt/ (accessed 17 November 2021)

Wikimedia Foundation. “Algoritma Knuth Morris Pratt”. Wikipedia.org. https://id.wikipedia.org/wiki/Algoritme_Knuth-Morris-Pratt (accessed 17 November 2021)