Hongkong Lotto


Dewatogel


ANALISIS PERINGKAT BANK BUMN BERDASARKAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS FUZZY

Authors

  • May Fitriana Hasibuan Akademi Manajemen Informatika Komputer Widyaloka Medan
  • Muslena Layla STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Fristita Desania Akademi Manajemen Informatika Komputer Widyaloka Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/jstekwid.v2i2.179

Keywords:

Topsis fuzzy, perangkingan, reliability, responsiveness, assurance, empathy, tangible.

Abstract

Pada tulisan ini akan dianalisa peringkat Bank BUMN di Kota Lubuk Pakam berdasarkan kepuasan nasabah terhadap pelayanan dengan metode Topsis Fuzzy. Kriteria yang digunakan adalah reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggal), assurance (jaminan), empathy (pelayanan khusus/perhatian) dan tangible (fasilitas/kenyamanan). Dari hasil analisis diperoleh bahwa Bank Mandiri merupakan Bank BUMN dengan peringkat tertinggi berdasarkan kepuasan nasabah terhadap pelayanan.

Author Biographies

May Fitriana Hasibuan, Akademi Manajemen Informatika Komputer Widyaloka Medan

Program Studi Manajemen Informatika

Muslena Layla, STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

Program Studi Tadris Bahasa Inggris

Fristita Desania, Akademi Manajemen Informatika Komputer Widyaloka Medan

Program Studi Manajemen Informatika

References

Anita, K. 1995, Analisis Kepuasan Nasabah terhadap Pelayanan Bank BRI. Yogyakarta: Journal UGM

Hwang, C. L, dan Yoon, K. 1981. Multiple Attributes Decision Making Methods and Application. Berlin Heidelberg.

Kusumadewi, S. 2003. Artificial Intelligence; Teknik dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kaufmann, A dan Gupta, M. M. 1991. Introduction to Fuzzy Arithmatic. New York: Van Nostrand Reinhold.

Kusumadewi,S.2010.Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan:Graha Ilmu

Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Jakarta: Penerbit PT. Grasindo

Saaty, T. L. 1980. The Analytic Hierarchy Process. New York: McGraw-Hill

Steve,E.A.M dkk.2018.Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah.Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen.Hlm:241-258,Vol.6 No.3

Sudrajat.2008.Dasar-dasar Fuzzy Logic.Bandung

Suprapto, Johanes. 2006. Riset Operasi (Untuk Mengambil Keputusan). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Downloads

Published

2023-07-30