Kemasan dan Desain Label Produk Bagi UMKM di Kecamatan Medan Kota

Authors

  • Ruth Meivera Siburian Institut Sains dan Teknologi TD. Pardede
  • Liskedame Sipayung Institut Sains dan Teknologi TD. Pardede
  • Marvin Hutabarat Institut Sains dan Teknologi TD. Pardede
  • Alex Chandra Akademi Manajemen Infromatika Komputer Widyaloka Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i1.110

Keywords:

UMKM, kemasan, label, keamanan

Abstract

Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) begitu pesat. Untuk mendorong pertumbuhan UMKM di kota Medan, Pemerintah Kota telah memberikan bantuan dan pelatihan agar UMKM dapat menembus pasar modern. Usaha mikro kecil menengah diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Usaha kecil menengah pada pengabdian ini adalah beberapa usaha mikro pada Kecamatan Medan Kota. Tujuan pengabdian masyarakat adalah untuk meningkatkan penjualan pada UMKM sehingga produk ini dapat dijual di pasar modern. Permasalahan mitra dalam kegiatan ini adalah proses produksi masih menggunakan alat-alat yang sangat tradisional, kemasan produk yang sangat sederhana, label yang kurang menarik dan belum adanya print sehingga produk ini hanya sampai pada pasar tradisional. Hasil dari kegiatan ini adalah proses produksi yang lebih cepat dengan menggunakan mesin penggiling daging, kemasan menggunakan standing pouch, desain label menarik. Adanya sertifikat keamanan pangan yang diterbitkan dinas kesehatan Pemerintah kota Medan  maka pangsa pasar UMKM meningkat pada pasar modern.

References

Arifudin, Opan. 2020. PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong di Subang Jawa Barat. Jurnal Pengabdian, Vol. 4, No. 1.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Harsiti, Yani Sugiyani, Tb. Ai Munandar, Erma Perwitasari. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pelatihan Packaging Produk Makanan Tradisional yang Berdaya Jual Guna Meningkatkan Perekonomian Wilayah. Sembadha, Vol. 1, Edisi 01.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Mukhtar, Syukrianti dan Muchammad Nurif. 2018. Peranan Packaging dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humoniora, Vol. 8, No. 2.

Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2018.

Puryantoro. 2017. PKM Desain Labelling Kemasan Kerupuk Ikan Pada Industri Kecil Menengah di Desa Pesisir Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Jurnal Warta Pengabdian, Vol. 12.

Suhardi, Dadang. 2019. Optimalisasi Keterampilan Pembuatan Kemasan untuk Meningkatkan Pemasaran Produk pada UKM Pembuat Tape di Desa Cibeureum Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 2, No. 2.

Sulistyandari, Ekaningtyas Widiastuti, dan Suci Indriati. 2017. Kemasan Produk Sebagai Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak “Mirasa” Di Desa Dukuhturi, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes. Jurnal Adimas.

Suniantara, I Ketut Putu, I Gede Eka Wiantara Putra, dan I Gede Agus Astapa. 2019. Application of Technology Appropriate on Kripik Rempeyek House Industries in Perean Village. Jurnal Sinegritas PKM & CSR. Vol. 3, No. 2.

Sari, Agustina Dessy, Azafilmi Hakiim, dkk. 2018. PKM Kelompok Usaha Dodol Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Jurnal Abdimas, Vol. 5, No. 1.

Undang – Undang Republik Indonesia No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Meivera Siburian, R. ., Sipayung, L. ., Hutabarat, M. ., & Chandra, A. . (2022). Kemasan dan Desain Label Produk Bagi UMKM di Kecamatan Medan Kota. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Widya (PUNDIMASWID), 1(1), 32-40. https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i1.110