Pemanfaatan Media Sosial Untuk Menambah Penghasilan Usaha Rumahan Laundry

Authors

  • Ida Fitriani Universitas Indraprasta PGRI
  • Yossi Indrawati Syuhardi Universitas Indraprasta PGRI
  • Pujiastuti Pujiastuti Universitas Indraprasta PGRI
  • Bramantara Yudha
  • Danang Sutrisno Universitas Indraprasta PGRI
  • Wahyu Utama Universitas Indraprasta PGRI
  • Firdaus Budhy Saputro Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i2.136

Keywords:

Social Media, Digital Marketing, Pemanfaatan

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman, penyampaian dan pelatihan kepada para mitra dalam aspek produksi, pemasaran dan promosi usaha, permodalan dan akuntansi sehingga usahanya dapat berkembang dan menghasilkan pendapatan yang lebih baik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas produksi, meningkatkan kualitas, dan membuat produk lebih tahan lama. Program ini memiliki empat tahapan pelaksanaan yaitu persiapan dan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pemantauan, serta refleksi. Tahapan ini memastikan bahwa tujuan, target, dan hasil program tercapai. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode partisipatif seperti observasi, wawancara, diskusi kelompok terarah, dan pengambilan keputusan bersama. Hal ini memungkinkan semua pemangku kepentingan untuk terlibat dalam proses pengabdian masyarakat dan memastikan bahwa temuan tersebut relevan dengan kebutuhan masyarakat. Hasil dari rangkaian 4 tahapan tersebut adalah peningkatan nilai aset dan pendapatan Usaha Laundry Ibu Rumah Tangga, peningkatan kuantitas dan kualitas jasa Laundry Ibu Rumah Tangga yang dipasarkan, dan peningkatan pemasaran produk jasa yang berkualitas.

References

A. Indonesia, “Penetrasi & profil perilaku pengguna internet Indonesia,” APJII.[Google Scholar], 2018.

E. Istanti and R. Sanusi, “Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan umkm di desa kedungrejo, kecamatan jabon, sidoarjo,” Jurnal Komunikasi Profesional, vol. 4, no. 2, 2020.

R. D. Kusuma, S. S. U. Sutjipto, S. Sujana, and H. A. Maretha, “Pelatihan Optimasi Media Sosial Untuk Peningkatan Omzet UMKM,” Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, vol. 1, no. 2, pp. 215–222, 2020.

K. Kosdiana, M. H. Ekasari, D. Diana, M. D. Lusita, M. Riastuti, and S. Mardiyati, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM,” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 3, pp. 1317–1322, 2022.

E. Hartati and U. W. Keristin, “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Pendapatan Usaha Rumahan Laundry Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Sekip Jaya Palembang,” Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 3, no. 1, 2020.

L. Evans, Social media marketing: strategies for engaging in Facebook, Twitter & other social media. Pearson Education, 2010.

A. Indonesia, “Penetrasi & profil perilaku pengguna internet Indonesia,” APJII.[Google Scholar], 2018.

E. Hartati and U. W. Keristin, “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Pendapatan Usaha Rumahan Laundry Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Sekip Jaya Palembang,” Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 3, no. 1, 2020.

L. Evans, Social media marketing: strategies for engaging in Facebook, Twitter & other social media. Pearson Education, 2010.

S. S. Haryanti and A. P. Nugroho, “Pendampingan Pengembangan Produk Dan Manajemen Usaha Pada Kube Jamu Gendong Grogol Sukoharjo Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat,” WASANA NYATA, vol. 5, no. 1, pp. 22–28, 2021.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Fitriani, I., Syuhardi, Y. I., Pujiastuti, P., Yudha, B. ., Sutrisno, D., Utama, W., & Saputro, F. B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Menambah Penghasilan Usaha Rumahan Laundry. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Widya (PUNDIMASWID), 1(2), 41-45. https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i2.136