Penerapan Media Teknologi Sistem Informasi Untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Bagi Guru-Guru SMP Negeri 22 Medan

Authors

  • Marice Saragih Akademi Manajemen Informatika Manajemen Widyaloka Medan
  • Jontra Jusat Pangaribuan Universitas Katolik Santo Tomas, Medan
  • Himpun Panggabean Universitas Methodist Medan
  • Aliazer Hutapea Akademi Manajemen Informatika Manajemen Widyaloka Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i2.140

Keywords:

Media, Teknologi Informasi, Guru

Abstract

Media berbasis Teknologi Informasi adalah media pembelajaran yang menggunakan teknologi sebagai pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran, media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi merupakan pembawa pesan yang canggih, di desain sedemikian rupa yang dapat menampilkan gambar, suara yang dimanfatkan untuk keperluan pembelajaran. Penggunaan media yang diterapkan dalam pelatihan ini adalah penggunaan  : media auditif, media visual, media audiovisual, Penggunaan Power Point, Penggunaan Aplikasi dalam pembelajaran. Tujuan dari pada pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan Teknologi Informasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Metode Pelaksanaan dalam Pengabdian ini adalah dengan memberikan pelatihan kepada Guru-guru  dan kemudian  guru-guru yang mengikuti pelatihan akan mempraktekkan langsung dalam penggunaan media tersebut. Dari hasil angket yang dipeoleh dapat dilihat bahwa minat dan antusias peserta cukup tinggi untuk mengikuti pengabdian dibuktikan dengan pada pernyataan manfaat pengabdian, rasa senang mengikuti pengabdian serta inginnya dilibatkan kembali pada kegiatan sejenis, diperoleh  71% peserta meyatakan setuju dan 29% peserta menyatakan sangat setuju. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan peserta merasa senang dan memperoleh manfaat yang signifikan dari kegiatan pengabdian tersebut serta berharap agar ada tindak lanjut dari kegiatan tersebut.

 

References

Ali, Mohammad ( 1984). Strategi Penelitian Pendidikan . Bandung : Angkasa

Agustania, Anindita. ( 2014) Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinasmis di SMK Negeri 1. Skripsi. Diakses 26 April 2019

Arsyad, Azhar (2003) Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Asmani, Jamal Ma,mur. 2010. Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta : Diva Press.hlm 35

Dewi Yulisyanti .2021. Penggunaan Aplikasi Sebagai Media E-Learning Remaja di Karang Taruna. Jurnal of Empowerment. Hlm 91

Ermayulis, S. 2020. Penerapan Sistem Pembelajaran daring dan luring di Tengah Pandemi Covid -19 . hlm

Kemendikbud, 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Rebublik Indonesia No.67 Tahun 2013. Jakarta Kemendikbud

Mahnun, Nunu (2012) Media Pembelajaran ( Kajian terhadap langkah-langkah Pemilihan Mediadan Implementasinya dalam Pembelajaran) Dalam jurnal Pemikiran Islam: Vol 37 No.1:37

Oktavian Riskey dan Aldya Riantina Fitra (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pandemi. Jurnal Ilmu dan Pengetahuan.2(2), hlm 16

Rosenberg, MJ, 2001. E-Learning : Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. New York : McGraw-Hill

Sadiman ( 1986) . Motivasi dan Belajar. Diakses 6 April 2019

Steffi dan Muhammad Taufik Syastra(2015) Pemanfaatan Media Pembelaaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda BAtam. Dalam CBIS Journal, Volume 3 No 2:79

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Saragih, M. ., Jusat Pangaribuan, J. ., Panggabean, H. ., & Hutapea, A. (2022). Penerapan Media Teknologi Sistem Informasi Untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Bagi Guru-Guru SMP Negeri 22 Medan. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Widya (PUNDIMASWID), 1(2), 65-72. https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i2.140