Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Mendukung Presentasi Jenjang SMK

(Study SMKN 7 Jakarta)

Authors

  • Shandy Juniantoro STMIK Jakarta STI&K
  • Neneng Mariana STMIK Jakarta STI&K
  • Endah Budiyati Universitas Gunadarma
  • Erni Rihyanti Universitas Gunadarma
  • Meti Nurhayati Universitas Gunadarma
  • Sudjiran Sudjiran STMIK Jakarta STI&K
  • Ani Rahmaniar STMIK Jakarta STI&K

DOI:

https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i2.142

Keywords:

Presentasi, Kreatif, Canva

Abstract

Penting bagi pendidik untuk dapat menggunakan teknologi dan informasi secara efektif, khususnya media pembelajaran, agar dapat menguasai konsep media pembelajaran. Tantangan yang dihadapi pendidik dalam hal mengintegrasikan media digital ke dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya dapat diatasi. Selain itu, siswa masih belum memahami cara membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva. Selain itu, siswa masih belum memahami cara membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva. Agar pembelajaran lebih menarik dan efektif, gunakan Canva untuk membuat media dan video. Alat dan template Canva yang mudah digunakan akan membantu Anda membuat konten berkualitas tinggi dan menarik secara visual yang akan menarik perhatian audiens dan membuat mereka tetap terlibat. Sebelum memulai presentasi, akan sangat membantu untuk berkonsultasi dengan materi yang menyertainya. Dengan menggunakan metode pelaksanan melalui Berdasarkan observasi lapangan, dihasilkan kendala tentang minimnya keterampilan yang berhubungan dengan pemanfaatan media dalam mendukung kemajuan sekolah.

References

M. Miftah, “Pemanfaatan media pembelajaran untuk peningkatan kualitas belajar siswa,” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2014.

H. Budiman, “Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan,” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, pp. 31–43, 2017.

R. E. Tanjung and D. Faiza, “Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), vol. 7, no. 2, pp. 79–85, 2019.

V. A. Fitria, A. R. Habibi, L. Hakim, and M. Islamiyah, “Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi,” Mujtama’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 75–82, 2021.

A. N. Alfian, M. Y. Putra, R. W. Arifin, A. Barokah, A. Safei, and N. Julian, “Pemanfaatan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, vol. 5, no. 1, pp. 75–84, 2022.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Juniantoro, S., Mariana, N., Budiyati, E. ., Rihyanti, E. ., Nurhayati, M., Sudjiran, S., & Rahmaniar, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Mendukung Presentasi Jenjang SMK : (Study SMKN 7 Jakarta). Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Widya (PUNDIMASWID), 1(2), 81-86. https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i2.142