WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TINGKAT SD/SMP/SMA/SMK TAHUN 2023 IKATAN GURU INDONESIA (IGI) KOTA PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Ruth Meivera Siburian Institut Sains & Teknologi TD. Pardede
  • Swingly Purba Institut Sains & Teknologi TD. Pardede
  • Rikardo Hotman Siahaan Institut Sains & Teknologi TD. Pardede
  • Jeremia Siregar Institut Sains & Teknologi TD. Pardede
  • Muhammad Iqbal Sinaga Universitas Darma Agung

DOI:

https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v3i1.298

Keywords:

kompetensi guru, guru profesional, guru produktif.

Abstract

Guru sebagai pendidik merupakan kunci sentral yang bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan proses pembelajaran bagi anak didiknya. Hal ini mengingat guru adalah orang pertama yang terdekat dalam keseharian anak di dalam proses pembelajaran. Tugas dan peran guru menuntut keterampilan dalam menyiapkan bahan pelajaran, menyusun satuan pelajaran, menyampaikan ilmu kepada siswa dan membangkitkan semangat belajar siswa. Guru yang profesional adalah guru yang terus menerus berinovasi untuk meneliti masalah yang ditemukan dalam proses pembelajaran kemudian mencari solusi dan melakukan tindakan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh para guru dari berbagai tingkat sekolah ini dilaksanakan untuk memberikan wawasan bagi para guru untuk menjadi guru yang profesional dan memiliki kompetensi di bidangnya. Adanya kegiatan selama 4 hari ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru bagi para guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara tepat dan efektif. Bahwa guru harus dapat memahami bahwa tidak cukup hanya menjadi guru yang profesional saja, namun harus dapat menjadi guru yang vocation, memiliki intuisi, sehat dan fresh serta produktif.

References

Alfi, Laily. 2024. Kompetensi Kepribadian Pendidik. Diakses pada 1 Juli 2024. https://www.kompasiana.com/lailyalfi9702/666d569d34777c48ae5e6da3/kompetensi-kepribadian-pendidik

Arviansyah, M. Reza, Shagena, Ageng. 2022. Tantangan dan Peran Dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 15. No. 1.

Azzura, Siti Nur. 2023. Guru Bisa Jadi Miliarder, Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan. Diakses pada 1 Juli 2024. https://www.merdeka.com/uang/guru-bisa-jadi-miliarder-ini-3-hal-yang-harus-dilakukan-4809-mvk.html

bpk.go.id. Undang-undang (UU) No. 14 Tahun 2005, 30 Desember 2005, (diakses pada 26 Juni 2024). https://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

Hamid, Abd. 2020. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan. Vol. 10 Ed. 1.

hdindonesia.com. Tentang Lebah: Khasiat Lebah untuk Kesehatan. https://www.hdindonesia.com/index.php/tentang-lebah

Koesoema, Doni. 2022. Guru. Diakses pada 26 Juni 2024). https://www.kompas.id/baca/opini/2022/06/15/guru

Monalisa, Irfan, Ade. 2023. Tantangan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 5.

Noya, Allert Benedicto Ieuan. 2023. Radikal Bebas Pemicu Penyakit Kronis. Diakses pada 1 Juli 2024. https://www.alodokter.com/radikal-bebas-pemicu-penyakit-kronis

Rokom. 2015. Menkes Harapkan Guru Jadi Teladan Perilaku Hidup Sehat Bagi Para Siswa. Diakses pada 26 Juni 2024. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20150201/0911872/menkes-harapkan-guru-jadi-teladan-perilaku-hidup-sehat-bagi-para-siswa/

Setyaningsih, Putri. 2023. Pengaruh Kesehatan Mental terhadap Performa Kinerja. Diakses pada 26 Juni 2024. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-tarakan/baca-artikel/16177/Pengaruh-Kesehatan-Mental-terhadap-Performa-Kinerja.html

Suranata, Kadek. 2020. Hypnosis: Metode Memberdayakan Pikiran Bawah Sadar Mencapai Produktifitas. Diakses pada 26 Juni 2024. https://fip.undiksha.ac.id/hypnosis-metode-memberdayakan-pikiran-bawah-sadar-mencapai-produktifitas-2/#:~:text

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Siburian, R. M. ., Purba, S. ., Siahaan, R. H. ., Siregar, J. ., & Sinaga, M. I. . (2024). WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TINGKAT SD/SMP/SMA/SMK TAHUN 2023 IKATAN GURU INDONESIA (IGI) KOTA PEMATANG SIANTAR. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Widya (PUNDIMASWID), 3(1), 69-77. https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v3i1.298