Hongkong Lotto


Dewatogel


PELATIHAN PENERAPAN SISTEM CRM UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BUSINESS DEVELOPMENT DI PT HASHMICRO SOLUSI INDONESIA

Authors

  • Chika Tunjung Keyna Universitas Bung Karno, Jakarta
  • Ferdi Yosi Pratama Universitas Bung Karno, Jakarta
  • Sharyanto Sharyanto Universitas Bung Karno, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v4i1.447

Keywords:

CRM, Business Development, Pelatihan Sistem Informasi, ERP, Manajemen Leads

Abstract

Dalam era digital saat ini, perusahaan dituntut untuk memanfaatkan teknologi informasi guna meningkatkan efisiensi dan daya saing. PT HashMicro Solusi Indonesia sebagai penyedia solusi ERP berbasis cloud telah mengembangkan modul Customer Relationship Management (CRM) untuk mendukung kegiatan Business Development. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan penggunaan sistem CRM di lingkungan kerja praktis, khususnya dalam manajemen data leads dan analisis performa tim. Metode yang digunakan adalah pelatihan langsung berbasis studi kasus yang terdiri dari demonstrasi sistem, praktik pencatatan leads, serta simulasi proses penugasan dan pelaporan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam mengelola data pelanggan secara digital, mempercepat proses tindak lanjut leads, serta memperbaiki kualitas pelaporan mingguan. Simpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pelatihan CRM efektif dalam membekali peserta dengan keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja digital masa kini.

Author Biographies

Chika Tunjung Keyna , Universitas Bung Karno, Jakarta

Program Studi Sistem Informasi

Ferdi Yosi Pratama, Universitas Bung Karno, Jakarta

Program Studi Sistem Informasi

Sharyanto Sharyanto, Universitas Bung Karno, Jakarta

Program Studi Sistem Informasi

References

Buttle. Francis, Stand Maklan. 2015. Customer Relationship Management, third edition

Ni Luh Manik Sugiarni, Dian Pramana, Ni Nyoman Harini Puspita. “Implementasi CRM (Customer Relationship Management) Pada Sistem Informasi Travel X Berbasis Web”, Jurnal Sistem dan Informatika, STIMIK STIKOM Bali, Vol. 9, No 2, 2015.

Wulandari Septia, Beby Mareta Diana, Ery Haetati. “Sistem Informasi CRM (Customer Relationship Management) Pada CV.Indah Cemerlang Berbasis Website”, STMIK GI MDP, 2016.

Imanuel PW Marpaung, Theo Rifky, Inayatullah. “Sistem Informasi Crm Pada Cv. Surya Adi Pratama Berbasis Web”, 2016.

Adani, Muhammad Robith. (2021). Komponen dan Cara Membuat ERD (Entity Relationship Diagram) yang Tepat.

Afyenni, R. (2014). Perancangan Data Flow Diagram Untuk Sistem Informasi Sekolah. TEKNOIF, Vol. 2 No., 1–3.

Afyenni, R. et al. (2014) “PERANCANGAN DATA FLOW DIAGRAM UNTUK SISTEM INFORMASI SEKOLAH ( STUDI KASUS PADA SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP ),” Jurnal TEKNOIF, 2(1), hal. 35–39.

Anggraeni, & Irviani. (2017). Pengantar Sistem Informas. Yogyakarta: Andi Offset.

Anzani, T. (2019, Agustus 1). PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT(CRM) DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN DENGAN METODE IRIS PADA GYM DAN SWIMMINGPOOL HORISON PALEMBANG. Retrieved from EDocs Ilkom UNSRI

Downloads

Published

2025-05-12

How to Cite

Keyna , C. T. ., Pratama, F. Y. ., & Sharyanto, S. (2025). PELATIHAN PENERAPAN SISTEM CRM UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BUSINESS DEVELOPMENT DI PT HASHMICRO SOLUSI INDONESIA . Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Widya (PUNDIMASWID), 4(1), 21-26. https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v4i1.447