PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SHOPEE

Main Article Content

Eva Karla
Stevianus Stevianus
Muji Santoso

Abstract

Keputusan pembelian menggambarkan tahapan dimana konsumen mempertimbangkan beberapa aspek serta alibi yang menguatkan konsumen guna memutuskan membeli sesuatu produk maupun jasa tertentu. Perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat untuk produk yang dihasilkannya seperti memberikan kualitas produk dengan mutu terjaga sehingga dapat memberikan harga sesuai. Berkembangnya teknologi informasi dimanfaatkan di sektor perdagangan yaitu dengan penggunaan teknologi digital marketing yang menjadikan konsumen lebih mudah, aman dan nyaman dalam melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar pengaruh digital marketing dan harga terhadap keputusan pembelian produk di shopee.  Data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari kuesioner yang disebar secara online dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang dipilih secara acak. Teknik sampling pada  riset ini memakai tata cara metode Probability Sampling. Analisa data menggunakan analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel digital marketing dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan digital marketing dan harga secara bersama-sama berpengaruh  terhadap keputusan pembelian.

Article Details

Section
Articles

References

Hajli M. N., (2015). A Study Of The Impact Of Social Media On Consumers. International Journal of Marketing Research vol. 56 issue 3

Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta

Binus Universty Onine . (2021). Apa Sih Digital Marketing itu?

https://onlinelearning.binus.ac.id/2021/10/13/apa-sih-digital-marketing-itu/

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan

Volume Penjualan Hasi Industri Rumahan l. JIBEKA, 11(2), 46–53. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/view/45

Amin, A. M., & Hendra, H. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada. Co. Id. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), Volume 1 Nomor 1, 78-89. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/50

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS25 (Edisi 9).Semarang: Badan PenerbitUniversitasDiponegoro.