PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT KONTROL LIFE BUOY DENGAN MOTOR DC BERBASIS ARDUINO

Main Article Content

Mhd. Dicky Syahputra Lubis
Legito Legito

Abstract

Tenggelam merupakan kecelakaan yang dapat terjadi kapan saja di daerah perairan dan dapat berakhir dengan kematian dan hilang. Apabila hal tersebut telah terjadi, hal yang biasa dilakukan adalah mencari dengan masuk ke dalam air dimana hal tersebut memilki resiko yang sangat tinggi. Dengan tingkat resiko yang tinggi dalam pencarian korban tenggelam yang hilang, maka diperlukan suatu pengembangan teknologi yang dapat membantu untuk mencari korban hilang dengan cara aman. Salah satunya adalah dengan penggunaan alat kontrol pelampung. Alat kontrol pelampung ini dapat dikendalikan melalui remote yang terhubung secara wireless. Alat ini menggunakan teknologi Modul Ask 433 yang terdiri dari Transmitter dalam bentuk remote dan juga Receiver sebagai penerima sinyal yang diletakan di Arduino Uno R3 dan juga Modul L298N sebagai driver untuk menggerakan Motor DC. Pada pengujian di air, alat control pelampung dapat melakukan dengan baik.

Article Details

Section
Articles

References

. Abdul Mun’im Idries. Pedoman Ilmu Kedokteran Forensik. Jakarta: Binarupa Aksara, 1997.

. Shepherd, Suzanne (2009). Drowning, http//www.eMedicine.com, diakses 15 Juni 2017.

. Antoni Roza, Pramana Rozeff, Nusyirwan Deny (2008). Perancangan Sistem Pengaturan Kecepatan Motor DC Menggunakan Zig Bee Pro Berbasis Arduino Uno Atmega 328P[online].Vol 7 (7), 10 halaman.

. Pitowarno, E.(2006). Robotika: Desain, Kontrol, dan Kecerdasan Buatan.

Yogyakarta: Penerbit Andi.

. Moch Choirul. 2013. Elektronika Dasar Pemula. Benteng Pustaka.

. Sinau, Arduino. (2016). Mengenal Arduino Software (IDE).http://www.sinauarduino.com/artikel/mengenal-arduino-software ide/,Diakses 8 Agustus 2017).

. Abdul Kadir, Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemogramannya Menggunakan Arduino, CV ANDI OFFSET, Yogyakarta,2013

Most read articles by the same author(s)