PENGARUH BEAUTY INFLUENCER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING

Authors

  • Dwi Listyowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta, Jakarta, Indonesia
  • Paulina Gabriela Raring Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta, Jakarta, Indonesia
  • Johan Hursepuny Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta, Jakarta, Indonesia
  • Francisca Hermawan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta
  • Hadi Santoso Universitas Widya Dharma Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v4i2.205

Keywords:

Beauty Influencer, Brand Image, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Produk akan dikenal oleh konsumen melalui promosi yang dilkukan oleh perusahaan yang memproduksi produk tersebut. Banyak cara untuk mempromosikan produk. Kemajuan teknologi digunakann juga untuk melakukan promosi yaitu melalui sosial media. Seorang beauty influencer adalah orang yang aktif di sosial media dan mempromosikan berbagai produk kecantikan dan juga hal-hal lain yang berhubungan dengan kecantikan ataupun kesehatan kulit. Mereka mempunyai follower yang dapat dipengaruhi sehingga memutuskan untuk membeli produk yang dipromosikan. Konsumen juga memperhatikan merek produk, dimana merek produk menggambarkan kualitas produknya dan tujuan penggunaan produknya. Seperti scarlett whitening yang menggambarkan produk untuk kesehatan kulit yang dapat membuat kulit menjadi putih, bersih dan sehat. Konsumen memutuskan untuk membeli produk mempertimbangkan merek produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beauty influencer dan      brand image terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening, baik secara parsial ataupun secara simultan. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna produk Scarlett Whitening di DKI Jakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 responden yang dipilih secara acak. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Hasil penelitian berdasarkan uji parsial (Wald), variabel beauty influencer tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening . Sedangkan variabel brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening. Pengujian Simultan (Omnibus) menunjukkan kedua variabel beauty influencer  dan brand image secara sama-sama berpegaruh terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening.  Nilai Nagelkerke R Square sebesar 0,526 atau 52,6% keputusan pembelian produk scarlett whitening dipengaruhi oleh beauty influencer  dan brand image, sedangkan  sisanya 47,4% yang dipengaruhi oleh variabel lain.

References

Zukhrufani, A., & Zakiy, M. (2019). the Effect of Beauty Influencer, Lifestyle, Brand Image and Halal Labelization Towards Halal Cosmetical Purchasing Decisions. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 5(2), 168.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Manap, Abdul . (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta : Mitra

Mursid, M. (2014). Manajemen Pemasaran.Jakarta : Bumi Aksara

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Jurnal Eksekutif, 15(1), 133-146

Munukka J., Uusitalo O., Toivonen H. (2016). Kredibilitas Pendukung Sejawat dan Efektivitas Iklan. Jurnal Pemasaran Konsumen, 33 (3), 182-192. doi:10.1108 / JCM-11-2014-1221

Godey, Bruno (2016). "Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior" Journal of Business Research; JBR-09187/No of Pages 9

Bramantya, Yan Bayu, dan Made Jatra. (2016). Pengaruh Selebrity Endorser Dan Brand lmage Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter MX Di Kota Denpasar. e-journal Manajemen Unud. Vol. 5 No. 3. ISSN. 2302-8912.

Habiba, Ikhwan Hamdani, Santi Lisnawati. (2018). Pengaruh Brand Image dan Celbrity Endoser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Perempuan Muslim di Kota Bogor). Jurnal Iqtishoduna vol.7 no. 2

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. ( 2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 9

Jakarta: Erlangga

Dian Sulistyowati. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merk dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Scarlett Whitening di Kota Surakarta) : Eprints Repository Software Surakarta

Pertiwi, Luh De Ayuningrum Ratna. (2019). Pengaruh Citra merk dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Exclusive Matte Lipcream. Jurnal Ilmu Manajemen vol. 7 no. 2

Franekel, Jack R., Norman E. Wallen. (2009). How to Design and Evaluate Research and Education. New York : McGraw-Hill Company

Downloads

Published

2024-02-25

Most read articles by the same author(s)