PENGARUH BRAND IMAGE, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK KECANTIKAN WARDAH

Authors

  • Febri Selvia Dewi Universitas Potensi Utama, Medan
  • Tika Nirmala Sari Universitas Potensi Utama, Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v4i2.208

Keywords:

Keputusan Pembelian, Brand Image, Celebrity Endorsement, dan Live Streaming

Abstract

Keputusan Pembelian adalah keputusan akhir yang dimiliki seorang konsumen untuk membeli suatu barang ataupun jasa dengan berbagai pertimbangan yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorsement, dan live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Wardah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Penarikan jumlah sampel menggunakan rumus simple random sampling. Pengelolaan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa Brand Image (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, celebrity endorsement (X2) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan live streaming (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Nurhaliza, S., & Sari, T. N. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATERAI ABC PADA PT. EVERBRIGHT MEDAN. Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(2), 136-147.

Budiarti, R., & Sari, T. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(1), 01-14.

Munandar, I., & Sari, T. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Relationship Management (CRM) terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada CV Mars Global Group. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(1), 16-26.

Gustiara, D., & Sari, T. N. (2023). PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BESI BAJA PADA PT. MARELAN ANUGRAH PERKASA. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 2(1), 181-197.

Adhitya, W. R. (2019). Fenomena Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) Melalui Harga, Produk, Kemudahan dan Keamanan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderating di Komplek Johor Indah Permai II Medan. Manajemen dan Bisnis, 1(1).

Adhitya, W. R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Mahasiswa Di Kota Medan Pada Aplikasi Shopee. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 3(2), 142-161.

Adhitya, W. R. (2020). FENOMENA SOSIAL ENDORSEMENT TERHADAP PELUANG BISNIS DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWI KOTA MEDAN. MEDIA BINA ILMIAH, 15(2), 4049-4060.

Adhitya, W. R., & Suwandari, V. (2023). The Effect of Marketing Mix on Purchase Decisions on Yamaha Motorcycles at PT. SJKM Custodian of Medan: Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepeda Motor Yamaha di PT. SJKM Titipapan Medan. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(3), 41-54.

Adhitya, W. R., & Sahbana, Y. A. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, SOCIAL ENDORSEMENT DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO DIKALANGAN MAHASISWA DI MEDAN. Multilingual: Journal of Universal Studies, 3(2), 255-271.

Adhitya, W. R. (2022). Dampak Dari Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 4(2), 147-159.

Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Wardah pada konsumen mahasiswa. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 494-505.

HANDAYANI, R. (2022). PENGARUH LABEL HALAL, PROMOSI DI MEDIA SOSIAL, DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MS GLOW DI CILACAP (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).

Afna, N., & Khoiri, M. (2023). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN POCARI SWEAT DI KOTA BATAM. Dynamic Management Journal, 7(4), 645-659.

Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630.

Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630.

Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442-452.

Chamidah, N. (2022). PENGARUH WORD OF MOUTH MENGENAI LIVE STREAMING TIKTOK SHOP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131-143.

Nurivananda, S. M., & Fitriyah, Z. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Media Sosial Tiktok (Studi Pada Konsumen Generasi Z@ Scarlett_Whitening Di Surabaya). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(4), 3664-3671.

Downloads

Published

2024-02-25