FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PADA FEB UNIVERSITAS POTENSI UTAMA

Authors

  • Nur Maulidayanti Universitas Potensi Utama, Medan
  • Austin Alexander Parhusip Universitas Potensi Utama, Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v4i2.212

Keywords:

Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan (2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan shopee (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan shopee (4) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan pelanggan dan kepausan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan shopee pada fakultas ekonomi dan bisnis universitas potensi utama. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakana kuesioner atau angket yang diberikan kepada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas potensi utama. analisis data menggunakan uji regresi linear berganda  dan statistic  deskriptif.  Pengolahan  data  dalam penelitian  ini  menggunakan  SPSS  25  for windows. Berdasarkan  hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  kualitas  pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai sig sebesar 0,003, kepercayaan pelanggan tidak berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai sig sebesar 0,062, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai sig 0,002

References

Afiah, N. L., Prabowo, B. Pengaruh Iklan, Kualitas Pelayanan, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada E-Commerce Shopee Di Masa Pandemi. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal. 5 (2).

Handayani, L. S., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Harga , dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk MS Glow Beauty. Jurnal Ikraith-Ekonomika, 5(2), 135–145.

Hasibuan, E. J., Simanjorang, E. F. S., &(2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan

Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Holat Afifah Insight: Jurnal Ilmiah17(2), 202–216.

Parhusip, A. A. (2022). Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pengaruhnya Terhadap Keputusan’Menggunakan Jasa Layanan Online (Grab) Di Wilayah Kota Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 3(2), 107. https://doi.org/10.22303/accumulated.3.2.2021.107-118

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung. Alfabeta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan Ke. 25. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-02-25