Pengembangan media zoom pembelajaran berbasis aplikasi google class room pada mata kuliah umum

Authors

  • James Ronald Tambunan AMIK Widya Loka Medan
  • Dewi Sartika AMIK Widya Loka Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v2i2.27

Keywords:

media zoom pembelajaran, Aplikasi Google Class Room, hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menghasilkan media zoom pembelajaran berbasis Aplikasi Google Class Room pada mata kuliah umum, (2) untuk mengetahui keefektifan  pengembangan media zoom pembelajaran berbasis Aplikasi Google Class Room, (3) untuk mengetahui hasil belajar yang efektif terhadap zoom pembelajaran berbasis Aplikasi Google Class Room pada mata kuliah umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran dari Dick and Carey. Metode penelitian ini terdiri dari dua tahapan, yang mana pada tahap pertama merupakan tahap uji coba produk yang terdiri dari: (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) validasi ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan terbatas; adapun pada tahap kedua merupakan uji efektifitas produk dengan cara: (1) menguji normalitas data penelitian, (2) menguji homogenitas data penelitian, (3) menguji hipotesis penelitian, dan (4) menghitung nilai efektifitas zoom yang dikembangkan. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini terdiri dari dua ahli materi mata kuliah umum, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli media pembelajaran, tiga orang mahasiswa untuk uji coba perorangan, sembilan mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan tiga puluh orang mahasiswa untuk uji coba lapangan terbatas. Data-data tentang kualitas produk  pengembangan ini dikumpulkan melalui angket dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat baik (94,11%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (85,26%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (86 %), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (82,74%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (86,66%), dan (6) uji coba pada lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (86,78%). Dengan demikian, pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media zoom pembelajaran berbasis Aplikasi Google Class Room dan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran tanpa zoom.

Author Biographies

James Ronald Tambunan, AMIK Widya Loka Medan

Departemen Manajemen Informatika

Dewi Sartika, AMIK Widya Loka Medan

Departemen Manajemen Informatika

References

Abidin, Y. 2014. Design Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum Kampus Meredeka 2020. Bandung: PT. Refika Aditama.

AECT. 1977. The Defenition of Education Technology. Washington: Association for Educational Communication and Technology.

Anderson & David. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Anderson, R. H. 1983. Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka dan Pusat antar Universitas Universitas Terbuka.

Ansyar, Muhammad. 1988. Dasar-dasar Pengembangan, bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Aplikasi Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Yogyakarta: Bumi Aksara

Arsyard, Azhar. 2011 . Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafmdo Persada.

Borg, W . R .& Gall , M .D. 1983 .Education Research : an instrucduction . New york : longman Tnc.

Arends, R.I. 2012. Learning To Teach Ninth Edition. New York: The McGraw Hill Companies.

Bretz, Rudi. A. 1971. Taxonomy of Communication Media, Educational Technology Publications. Englewood, New Jersey.

Borg, W.R & M.D. Gall. 1983. Educational Research: An Introduction, New York: Longman, Inc.

Bertran Russel. 1974. History of Western Philoshopy. George Allen & Ulwin. 1974

Cangara, Hafied. 2009. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan Kesebelas. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

Costa, A.L. 1985. Developing Minds A Resource Book For Teaching Thinking. Alexandria: ASCD.

Chambers, J.A. dan Sprecher, J.W. 1983. Komputer Assisted Instruction It’s Use in The Classroom. Inc, New Jersey, Prentice Hall.

Dick, W & Carey, L. 2005. Systematic Design of Instructional (5 th ed). New York: Addison-Wesley Educational Publisher Educational Technology Publicational, Inc.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dick, Walter, etc.2001. The Systematic Design of Instruction. Fifth Edition. Wesley Educational Publishers Inc..

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dhakaa, Armita. 2012. Tetapcal Science Inquiry Model and Biology Teaching. Bookman International Journal of Accounts, Economics & Business Management.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Bandung: PT. Gelora Aksara Pratama

Djamarah & Syaiful B. 2000. Dosen dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarata: Rineka Cipta.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E, Hyun, H.H. How To Design And Evaluate Research In Education Eighth Edition. New York: The McGraw hill Companies.

Fajar, Malik A. Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara. Bandung: Lubuk Agung.

Srililis. 2008. Pengembangan Inovasi Pembelajaran Mandiri. Bandung : P2PNFI.

Gerlach Vernon. S, Elly Donald P. 1980. Teaching & Media a System Approach. New Jersey: Prentice Hall.

Gagne, E.D. 1985. The Cognitive Psychology of School Learning. Boston, Toronto: Little, Brown and Company Light, G.

Hujair AH. Sanaky. 2009. Media Pemebelajaran. Yogyakarta: Safiria Insani Pres.

Hamalic, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Alumni.

Hakim, Lukmanul, dan Uus Musalini. 2004. Cara Cerdas Menguasai Layout, Desain dan Aplikasi Web. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Hosnan, M. 2014. Aplikasi Google Class Room dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21 : Jakarta: Ghalia Indonesia

Hamalik, O. 2003. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan, M. 2014. Aplikasi Saintifik dan Kontekstual. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Joyce, B., Weil, M., Calhoun, E. 2009. Models Of Teaching (Model-Model Pengajaran Edisi Kedelapan). Terjemahan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga tahun 2003. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Kemp, J.E., G.R. Morrison, dan S.M. Ross. 1994. Designing Effective Instruction, New York: Macmillan College Publishing Company.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai dengan Kurikulum Kampus Meredeka 2020. Surabaya: Kata Pena.

Miarso. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan . Jakarta: Rencana Prenada Media grup.

Mursid. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi : Suatu Aplikasi Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi Pada Pendidikan Teknik Mesin . Medan : Unimed Press.

Nurhadi, Wahyudi . 2003 . Media Pembelajaran . Jakarta : Gama Persada.

Nuh, Muhammad. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Kampus Meredeka 2020. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

National Institutes of Helath. 2005. Doing Science: The Process of Google Class Room Inquiry. Colorado Springs: BSCS

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Mulyono, Y., dkk. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Aplikasi Google Class Room Skill Teknologi Fermentasi Berbasis Masalah Lingkungan. Lembaran Ilmu Kependidikan. Vol 41. No 1.

Nana S, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, U. 1992. Mengembangkan Bakat Dan kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Para Dosen Dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rahman, Anwar, 2014 Fortofolio Tugas Individu Pengembangan Sistem Pembelajaran TP 706, Jakarta:Pasca Sarjana UNJ.

Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum Kampus Meredeka 2020. Jakarta : Bumi Aksara.

Rusijono, dkk. 2008. Penelitian Teknologi Pembelajaran, Surabaya: Unesa University Press.

Sadiman, Arif dkk. 2002. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Suparman, M. Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern, (Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka).

Shohimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum Kampus Meredeka 2020. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujana M.A.,MSC.Prof.,Dr. 2004. Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandunng.

Sanjaya, wing. 2010. Strategi Pembelajaran. Kencana Pernada Group.

Soedarsono, R. M. 2010 . Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Yogyakarta : Gadjah Math Universitas Press.

Sudjana. 2001. Evaluasi Hasil Belajar . Bandung, Sinar Baru.

Sugiyono . 2011 . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D . Drama Bandung : CV. Alfabeta

Suparrman, Atwi, 2001, Desain Intruksional Modern. Jakarta :Penerbit Air Langga.

Susilo, Muhamad Joko. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendididkan. Pustaka Pelajar.

Seels, B.B. & Richey, R.C. 1994. Instructional Technology: The Defenition and Domains of the Field. Washington DC: Association for Educatioanal Communications and Technology.

Smaldino, S. E dkk. 2008. Instructional Technology and Media for Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Winkel, W. S. 1997. Bimbingan dan Konseling Pendidikan. Jakarta : PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Downloads

Published

2021-10-26