PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA OPTIK MELAWAI SUN PLAZA MEDAN

Authors

  • Riando Efrata Barus Universitas Medan Area
  • Adelina Lubis Universitas Medan Area

Keywords:

Digital Marketing, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Digital Marketing  Dan Kualitas Pelayanan  Terhadap Keputusan Pembelian Pada Optik Melawai Sun Plaza Medan”. Yang mana Digital Marketing diartikan sebagai aktivitas penjual memanfaatkan dunia maya untuk melakukan promosi sebuah produknya. Dan Keputusan Pembelian merupakan tindakan yang dilakukan oleh konsumen yang ingin melakukan sebuah pilihan untuk membeli produk satu atau lebih alternative. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif assosiatif. Sampel dalam penelitian ini merupakan responden yang pernah membeli Kacamata atau konsul minimal 2xx di Optik Melawai Sun Plaza Medan dengan total sampel yang digunakan sebanyak 75 responden dengan teknik sampling menggunakan Non Probability Sampling dengan pendekatan purposive sampling dan kriteria konsumen harus membeli kacamata minimal 2x di Optik Sun Plazaa Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner melalui Google Form. Berdasarkan hasil Uji T didapati bahwa Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Pada Uji Koefisien Determinasi (R2) terlihat bahwa nilai Adjusted R Square yang diperoleh yaitu sebesar  0,753 (75,3%). Hal ini menunjukan bahwa variabel independen  memiliki kemampuan yang tinggi dalam menjelaskan variasi pada variabel dependen (Keputusan Pembelian) pada penelitian ini. Sisanya 24,7% yang akan terpengaruh oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dapat dijelaskan pada penelitian ini.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

Rineka Cipta: Jakarta

Aswad, Wijaya, (2017). “Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya”. Jakarta: PT. Grasindo

Buchari Alma., (2019:96), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Chakti, A. Gunawan. R (2019:11). Langkah Membangun Merek/Branding Bisnis

(Makasar:Celebes Media Perkasa)

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23

Edisi 8. Universitas Diponegoro.

Muljono, R. K. (2018:5). Digital Marketing Concept. Jakarta, Indonesia: PT

Gramedia Pustaka Utama

Priyatno, Duwi. (2017:120). Panduan Praktis Olah Data menggunakan SPSS. Edisi I, Yogyakarta.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis

Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Sanusi, A. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta:Salemba empat.

Siregar, Syofian. (2013.) Metode Penelitian Kuantitatif. PT Fajar

Interpratama Mandiri: Jakarta.

Sugiyono. (2017:142). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung

Sugiyono. (2018:13-96). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2018: 183-82). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kedua belas. Alfabeta,

Bandung.

Sugiyono (2019:61-68). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Alphabet: Bandung.

Anggelina, N. W., & Rastini, N. M. (2019). Peran Nilai Pelanggan Memediasi

Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. E-Jurnal Manajemen: Vol. 8,No. 8. Universitas Udayana, Bali

Arifuddin, R. R., Rahman Kadir, A., & Kadir, N. (2019). Pengaruh Personal Selling

Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Pt.Qbe General Insurance Indonesia Cabang Makassar. Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 2, 92–108.

Aswad, Syaiful., Realize., & Wangdra, Ronald. (2018). “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center”. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam). Volume 6, Nomor 2 (hlm. 77-85).

Dedi Purwana, Rahmi, Shandy Aditya. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat

Madani,“Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”. Vol 1 No 1, (Jakarta: Universitas Negeri Jakarta: 2017).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi. Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 35–43

Downloads

Published

2024-08-29