PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN GAYA HIDUP BELANJA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PELANGGAN SHOPEE DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN

Authors

  • Teddi Pribadi Universitas Medan Area
  • Sarah Hartika Br. Hutasoit Universitas Medan Area

Keywords:

Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Belanja, Pembelian Impulsif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif, mengetahui bagaimana pengaruh variabel gaya hidup belanja terhadap pembelian impulsif, mengetahui bagimana pengaruh variabel motivasi belanja hedonis dan gaya hidup belanja terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan shopee di fakultas ekonomi dan bisnis universitas HKBP nommensen sebanyak 80 responden dengan teknik sampling menggunkan non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling dengan kriteria pelanggan shoppe di fakultas ekonomi dan bisnis universitas HKBP nommensen stambuk 2019 dan pengguna aktif shopee. Pengumpulan data data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui google form. Berdasarkan hasil Uji T didapati bahwa motivasi belanja hedonis berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pembeliam impulsif pada Shopee. Pada pengujian variabel gaya hidup belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada Shopee. Uji F didapati bahwa motivasi belanja hedonis dan gaya hidup belanja bersama-sama (simultan) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada Shopee. Pada Koefisien Determinasi (R²) bahwa nilai adjusted (R²) adalah 0,497 atau 49,7 % dapat dijelaskan oleh variabel. Sedangkan sisanya sebesar 50,3 % dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

References

Ablidathun, N. (2020). Pelngaruh motivasi blellanja heldonis dan promosi pelnjualan telrhadap pelmblellian impulsif: Studi pada konsumeln Shopelel Mahasiswa PTN Kota Malang. Manajelmeln, 1–68. http://elthelsels.uin-malang.ac.id/id/elprint/19113

Arda, M., & Adriany, D. (2019). ELffelct of Lonlinelss and Discount Pricel on Impulel BLuying in Telelnagel Girls. Thel 1 Intelrnational Confelrelncel on Innovation of Small Meldium-sizeld ELntelrprisel, 1(1), 25-34.

Arnold, M. J., & Relynolds, K. EL. (2003). Heldonic shopping motivation. journal of reltailing, 79, 77-95.

Iii, BL. A. BL. (2020). Giovani Calista Simanjuntak, 2020 PELNGARUH FINANCIAL DISTRELSS DAN LELVELRAGEL TELRHADAP TINGKAT KONSELRVATISMEL AKUNTANSI Univelrsitas Pelndidikan Indonelsia | relpository.upi.eldu | pelrpustakaan.upi.eldu.

Japarianto, EL., & Sugiharto, S. (2011). Pelngaruh Shopping Lifelstylel dan Fashion Involvmelnt telrhadap Impulsel BLuying BLelhavior Masyarakat High Incomel. Jurnal Manajelmeln Pelmasaran, 6(1), 32-41.

Kim, S. (2006). Using Heldonic and Utilitarian Shopping Motivation to Profilel Innelr City Conusmelr. Journal of Shopping Celntelr Relselarch, 13(1).

Kosyu, D. A., Hidayat, K., & Y, A. (2014). Pelngaruh Heldonic Shopping Motivels Telrhadap Shopping Lifelstylel dan Impulsel BLuying (Surveli pada Pellanggan Outlelt Stradivarius di Galaxy Mall Surablaya). Jurnal Administrai BLisnis, 14(2), 1-7.

Lelvy, M. (2009). Reltailing Manajelmeln. Jakarta: ELrlangga.

Lusliyanti, D. Y. (2016). Pelngaruh Heldonic Shopping Motivation dan Shopping Lifelstylel telrhadap impulsel bluying produk fashion pelngunjung roxy squarel jelmblelr. SKRIPSI, 1-59.

Mulianingsih, D. (2018). Pelngaruh motivasi blellanja heldonis telrhadap kelcelndelrungan pelmblellian impulsif di onlinel shop. Relpository Univelrsitas BLrawijaya. http://relpository.ubl.ac.id/id/elprint/165704/1/Delfi Mulianingsih.pdf

Mustika, W., Kurniawati, M., & Pelrmata Sari, M. (2022). Pelngaruh Motivasi BLellanja Heldonis Telrhadap Pelrilaku Pelmblellian Impulsif Katelgori Produk Fashion Onlinel Pada Markeltplacel. Primanomics?: Jurnal ELkonomi & BLisnis, 21(1), 141–151. https://doi.org/10.31253/pel.v21i1.1796

Pasariblu, L. O., & Delwi, C. K. (2015). Pelngaruh heldonic shopping motivation telrhadap impulsel bluying pada toko onlinel: studi pada toko onlinel Zalora. BLina ELkonomi, 19(2).

Poluan, F. J., Tampi, J. R. EL., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pelngaruh Heldonic Shopping Motivels dan Promosi Pelnjualan Telrhadap Impulsel BLuying Konsumeln di Matahari Delpartmelnt Storel Manado Town Squarel. Jurnal Administrasi BLisnis, 8(2), 113. https://doi.org/10.35797/jabl.8.2.2019.23627.113-120

Rahma, W. S., & Selptrizola, W. (2019). Pelngaruh Heldonic Shopping Motivation dan Shopping Lifelstylel telrhadap EL-Impulsel BLuying Mahasiswi Univelritas Nelgelri Padang pada Lazada. Jurnal Kajian Manajelmeln dan Wirausaha, 1(1), 276-282.

Ratnasari, N. (2018). Pelngaruh Shopping Lifelstylel dan Fashion Involvelmelnt Telrhadap Impulsel BLuying (Studi Kasus Pelmblellian Hijabl pada Mahasiswi Program Studi Manajelmeln Fakultas ELkonomi dan BLisnis Univelrsitas Muhammadiyah Makassar). 17.

Scarpi, D. (2006). Fashion storels bleltweleln fun and uselfulnelss. Journal of Fashion Markelting and Managelmelnt, 10(1).

Selmuell, H. (2005). Relspon Lingkungan BLelrblellanja Selblagai Stimulus Pelmblellian. Jurnal Manajelmeln dan Kelwiraushaan, 7(2).

Selkarsari, L. (2013). Pelngaruh selrvicelcapels dan Heldonic Shopping Valuel telrhadap Kelputusan Pelmblellian Impulsif pada Konsumeln Wanita di Giant Hypelrmart Mall Olympic Gardeln Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FELBL, 2(1).

Sugiyono. (2016). Meltodel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. BLandung: PT.Alfablelt.

Tuzzahra, M. N. (2020). Pelngaruh Heldonic Shopping Motivation , Shopping Lifelstylel Dan Fashion Involvelmelnt Telrhadap Impulsel BLuying Pada Pellanggan Zalora. Fakultas ELkonomi Univelrsitas Muhammadiyah Sumatelra Utara.

Utami, C. W. (2010). Manajelmeln Ritell. Jakarta: Salelmbla ELmpat.

Downloads

Published

2024-08-29