PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, STORE ATMOSPHERE DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Authors

  • M. Syachdan Azhari Universitas Potensi Utama Medan
  • Austin Alexander Parhusip Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i1.272

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere, Lokasi, Dan Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Fritto Chicken di Kota Medan, (2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan store atmosphere terhadap kepuasan konsumen Fritto Chicken di Kota Medan, (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan lokasi terhadap kepuasan konsumen Fritto Chicken di Kota Medan, (4) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan, store atmosphere dan lokasi terhadap kepuasan konsumen Fritto Chicken di Kota Medan. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakana kuesioner atau angket yang diberikan kepada konsumen Fritto Chicken di Kota Medan, analisis data menggunakan uji regresi linear berganda  dan statistic deskriptif. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig sebesar 0,701, store atmosphere berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sebesar  sig 0,451, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sig sebesar 0,006. Kualitas pelayanan, store atmosphere dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Fritto Chicken di Kota Medan dengan nilai sig sebesar 0,026.

References

Desrianto, Afridola, S. (2020). Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffee Town Bakery Di Kota Batam Influence of Location and Service To Consumer Satisfaction in Coffee Town Bakery in Batam City. Emba, 8(1), 2020–2033.

Fauzi, A., Sarlo, K., Kenny, K., Hutagaol, J., & Samvara, M. A. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pembelian Tiket Pesawat Garuda pada PT. Hamsa Tour and Travel. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 2(2), 278-391.

Haedi, A. L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan,Lokasi, dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Kedai Kopi Dado Kalisari

Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72–78. https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i1.3536

Ni Kadek Ayu Novita Mawar Sari, & Ida Ketut Kusumawijaya. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Motel Mexicola Restaurant Seminyak. Journal Research of Management, 3(2), 204–213. https://doi.org/10.51713/jarma.v3i2.73

Nawangsih, & Mashariono. (2017). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Layanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Makmu Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(11), 1–18.

Parhusip, A. A. (2022). Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pengaruhnya Terhadap Keputusan’Menggunakan Jasa Layanan Online (Grab) Di Wilayah Kota Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 3(2), 107. https://doi.org/10.22303/accumulated.3.2.2021.107-118.

Sambara, J., Tawas, H. N., Samadi, R. L., Pengaruh, A., Produk, K., Dan, K. P., Manajemen, J., & Ratulangi, U. S. (2021). STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CAFE 3 . AM KOFFIE SPOT MANADO ANALYSIS OF THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY , SERVICE QUALITY AND STORE ATMOSPHERE ON CUSTOMER SATISFACTION AT CAFE 3 . AM KOFFIE SPOT MANADO Jurnal EMBA Vol . 9 No . 4 Oktober. 9(4), 126–135.

Sumayyah, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Store Atmsphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada 404 Eatery and Coffe, Jakarta Timur. Jurnal ADMINISTRASI BISNIS, 3(2), 21–28. www.journal.ibmasmi.ac.id

Yuda, I. P., & Putra, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ud. Bagas Bagus Kerambitan Tabanan. 3(2), 375–384.

Adhitya, W. (2019). Fenomena Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) Melalui Harga, Produk, Kemudahan dan Keamanan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderating Di Komplek Johor Indah Permai II Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 1-11.

Adhitya, W. (2023). Pengaruh Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepatu Lokal Ventela (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Potensi Utama. Jurnal Multilingual, 3(2), 231-238.

Humairoh , N. (2023). Determinasi Minat Beli Ulang Konsumen Pada Aplikasi TikTok. Dynamic Management Journal, 7(1), 71-88.

Kotler, P. (2018). Principles og Marketing Global Edition 17 Edition . London : Pearson Education.

Melda, E. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Etrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS), 1(2), 143-149.

Mutami, M. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada pengguna Jasa Taksi Kosti Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 105-112.

Octavian , K. (2023). Pengaruh Cita Rasa, Label Halal, Penetapan Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YPPI Rembang. Jurnal Kompetitif, 12(1), 15-28.

Pakpahan, A. (2023). Pengaruh Biaya Pendidikan, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Pada SMK PAB 2 Helvetia. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen (EBISMEN), 2(2), 71-84.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Syahputra, S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Experiential, Marketing Terhadap Niat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, 7(1), 265-272.

Utami , C. d. (2019). Manajemen Jasa: Paradigma Jasa Modern Dalam Industri Jasa Di Indonesia . Jakarta: Salemba Empat.

Widayat, W. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Keberagaman Produk, Suasana Toko dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 123-132.

Downloads

Published

2024-08-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>