PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK SARI KURMA GINGSENG SALSABIL PADA PT. SHAD GLOBAL INDONESIA MSUT27 MEDAN DELI

Authors

  • Nurul Muhairani Universitas Potensi Utama Medan
  • Jeroh Miko Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i1.322

Keywords:

Strategi Pemasaran, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Peningkatan Penjualan

Abstract

Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi pemasaran, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap peningkatan penjualan produk sari kurma gingseng salsabil pada PT. Shad Global Indonesia MSUT27 Medan Deli secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui daftar pernyataan (questioner) dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 responden, dengan analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis regresi linear berganda melalui uji t dan uji f. Secara parsial Strategi Pemasaran berpengaruh Terhadap Peningkatan Penjualan, diketahui hasil perhitungan thitung  > ttabel yaitu 13,328 > 2,014 dan nilai sig 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 di tolak. Kualitas Pelayanan berpengaruh Terhadap Peningkatan Penjualan, diketahui hasil perhitungan thitung  > ttabel yaitu 5,264 > 2,014 dan nilai sig 0,000 < 0,05 maka H2 diterima dan H0 di tolak. Dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh Terhadap Peningkatan Penjualan hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan thitung  > ttabel 2,546 > 2,014  dan nilai sig 0,014 < 0,05 maka H3 diterima dan H0 di tolak. Secara simultan Strategi Pemasaran, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh Peningkatan Penjualan, diketahui hasil perhitungan fhitung  > ftabel yaitu 431,340 > 3,20 dan nilai sig 0,000 < 0,05 maka H4 diterima dan H0 di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Peningkatan Penjualan. Nilai koefisien determinan sebesar 0,967 berarti Peningkatan Penjualan produk sari kurma gingseng salsabil pada PT. Shad Global Indonesia MSUT27 Medan Deli dipengaruhi strategi pemasaran, kualitas produk dan kepuasan pelanggan sebesar 96,7%.

References

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, S. 2016. Prosesdur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Adityawarman Adil Muhammad Syamsun Mukhamad Najib, (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Biaya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien RSUD Kota Bogor, Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Vol 14 No 3, 2016.

Edison Gunadi dan Sherly Rosalina Tanoto, (2018) Hubungan Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan M-Sport Futsal Center, Agora Vol. 6, No. 1, (2018) 1-5.

Hartono, Indra Kusumadi, And Muhammad Abrar Kasmin, (2021)”Electronic Marketing Model For Higher Education”.

Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.

Indrasari, Meithiana 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. Depok: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2016. Etika Costumer Service. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kirbrandoko, 2005. Teknik dan Manajemen Penjualan, Jakarta, Penerbit Bunarupa Aksara

Komar. 2018. Pelayanan Prima. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Kotler, Philip. 2013. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kurniawan, Rahmat & Sari, Annisyah Paradhita. (2022) Sinergitas Fintech Syariah Dan UMKM Terhadap Pendapatan Masyarakat. Jurnal Multidisiplin West Science.Vol.01,2,202-212.

Marinus, Angipora. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moenir. 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Munir, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Medan: Universitas Medan Area.

Nurlaela Eva Puji Lestari. 2020. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Waroeng Steak And Shake Cabang Margonda, Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina SaranaInformatika Volume 18 No. 2 September 2020.

Siagian, Sondang. P; 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-08-29