ANALISIS PENGARUH PERESEPSI NILAI, PERESEPSI KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA KENDARAAN MATIC (STUDI HONDA VARIO 125 DI PT. BENTENG MOTOR HONDA MEDAN)

Authors

  • Tati Purniawti Universitas Potensi Utama Medan
  • Austin Alexander Parhusip Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i1.328

Keywords:

Persepsi Nilai, Persepsi Kualitas Produk, Desain Produk, Kepuasan Pengguna.

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan presepsi nilai terhadap kepuasan konsumen PT. Benteng Motor Honda Medan, (2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan presespsi kualitas produk terhadap kepuasan konsumen PT. Benteng Motor Honda Medan, (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan desain produk terhadap kepuasan konsumen PT. Benteng Motor Honda Medan, (4) untuk mengetahui apakah ada pengaruh presepsi nilai, kualitas produk, desain produk dan  kepuasan pengguna terhadap kepuasan konsumen PT.Benteng Motor Honda Medan. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakana kuesioner atau angket yang diberikan kepada konsumen PT. Benteng Motor Honda Medan, analisis data menggunakan uji regresi linear berganda dan statistic deskriptif. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa presepsi nilai tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai sig sebesar 0,003, presepsi kualitas produk terdapat pengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai sebesar sig 0,506, desain produk terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai sig sebesar 0,005. Presepsi nilai, presepsi nilai, presepsi kualitas dan desain produk secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna PT. Benteng Motor Honda Medan dengan nilai sig sebesar 0,000.

References

Parhusip, A. A. (2022). Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pengaruhnya Terhadap Keputusan’Menggunakan Jasa Layanan Online (Grab) Di Wilayah Kota Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 3(2), 107. https://doi.org/10.22303/accumulated.3.2.2021.107-118

Alimuddin (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan KendaraanRoda Dua Di Kota Makassar. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Almana, L.O (2018). Tata Kelola Perguruan Tinggi Berbasis Akreditasi. Deepublish Publisher, Yogyakarta.

Amri. (2012). Tingkat Kepuasan Pengguna Sepeda Motor Yamaha Mio Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment ( QFD ) (Studi Kasus: Dealer Rajawali Lhokseumawe). Universitas Malikussaleh.

Anas, A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Deepbulish, Yogyakarta

Aprileny, I., Wati, W. T., & Emarawati, J. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan The Media Hotel & Towers Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 17(02), 39 - 47. doi: 10.36406/jam.v17i02.330.

Cahyani, Febby Gita, dan Sonang Sitohang. 2016. “Pengaruh kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5(3):1-19.

Devani, V. (2016). Analisis Kepuasan Pelanggandengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (Csi) Dan Potential Gain In Customer Value (Pgcv).UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Fatta, H. A. (2012). Analisis dan Perancngan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Andi, Yogyakarta.

Ginting, F. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Reddoorz Near Mikie Holiday (Doctoral dissertation, Universitas Quality Berastagi).

Kamuli, S. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai di Sekretariat Daerah Kota Gorontalo. Jurnal Inovasi, 9(1), 1–8.

Mutiadi, N. A., Gunawan, A., & Sucipto, I. (2021). Pengaruh Beban Kerja, Kompensasi, dan Lingkungan Kerja Bagi Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja PT. Mugai Indonesia. Ikraith-Ekonomika, 4(3), 193–203.

Muharram, I. M. (2020). Analisis Pengaruh Shift Kerja Terhadap Beban Kerja Mental Pada Perawat Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang. Skripsi, 4–18.

Nurliana, L. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Di Kantor Kepala Desa Ciharalang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(3), 67–75.

Prastiyono, U., Satriyono, G., & Rahayu, B. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Mitra Bhuwana Mandiri Kediri. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1(2), 132.

Downloads

Published

2024-08-29