PENGARUH E-SYSTEM PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN BARAT

Penulis

  • Herinia Harefa Universitas Potensi Utama Medan
  • Ratih Anggraini Siregara Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.382

Kata Kunci:

E-System Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Sosialisasi Perpajakan, Kepuasan Wajib Pajak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh E-System Perpajakan, Kualitas Pelayanan
dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama
Medan Barat. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi yang di gunakan adalah wajib pajak yang terdaftar di Kantor
Pelayanan Pajak Pratama Medan Barat sebanyak 241.366 wajib pajak pada tahun 2023. Dari populasi,
dipilih dengan teknik sampling insidental dan diperoleh sebanyak 100 Wajib Pajak. Metode analisis
yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan persamaan regresi Y= 5,371 +0,538X1
+0,312X2 +0,419X3. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa E-System Perpajakan, Kualitas
Pelayanan dan Sosialisasi Perpajakan secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh terhadap
Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Barat. koefisien determinasi (R
Square) sebesar 0,408 atau 40,8% yang berarti variabel Kepuasan Wajib Pajak dapat dijelaskan oleh
variabel E-System Perpajakan, Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi Perpajakan sebesar 40,8% dan
sisanya 59,2% dijelaskan oleh variabel lain

Referensi

Addin Aditya, Yekti Asmoro Kanthi, & Siti Aminah. (2022). Metodologi Penelitian Ilmiah

Dalam Disiplin Ilmu Sistem Informasi (Pertama). CV. Andi Offset.

Bahtiar, (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Kompetensi Fiskus terhadap Kepuasan

Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Prosiding Akuntansi ISSN: 2460-6561 Volume 5, No. 2,

Tahun 2019 ISSN: 2460-6561.

Afifah, L. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, e-System Perpajakan dan Sosialisasi

Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 18(2).

Afifah, L. A., & Susanti. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, e-System Perpajakan dan

Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Jurnal Akuntasi Universitas Jember,

(2).

Alvioletta, V., Styawan, Helmi, M. Y., Saputra, & Harry, M. (2020). Penerapan Metode

Analytical Hirerarchy Process Pada Penilaian Kepuasann Pekanggan Berdasarkan Pelayanan

Divisi (Pertama). Kreatif Industri Nusantara.

Andini, P., Riyadi, S., Lestari, S. D., & Yuwono. (2018). Law Enforcement, Taxation

Socialisation, and Motivation on Taxpayer Compliance with Taxation Knowledge as

Moderating Variable. Pertanika Journals: Social Sciences & Humanitie.

Angreni, K., Fatmawati, & Mustari, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Wajib Pajak Restoran Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar. JPPM: Journal of

Public Policy and Management, 4(1), 1–9.

Buchari Alma. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa (Ketiga Belas). CV. Alfabeta.

Dailiati, S. (2018). Kebijakan Retribusi Kebersihan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat

(Pertama). Jakad Publishing.

Donni Juni Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pertama). CV. Pustaka Setia.

Fandy Tjiptono. (2019). Kepuasan Pelanggan Konsep, pengukuran & Strategi. (Pertama). CV.

Andi Offset.

G. Chandra, & Fandy Tjiptono. (2016). Manajemen Kualitas Jasa (Kedua Puluh Satu). CV. Andi

Offset.

Handayany, G. N. (2020). Kualitas Pelayanan Kefarmasian & Kepuasan Pasien (Pertama).

Media Nusa Creative.

Imam Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10

(Kesepuluh). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

LIberty, Muhammad Ryan Fahlevi, Alfiansyah Imanda Putra, Gugus Khriswahyuni, Eva

Khoirunnisa, Era Rayhan, Rahmad, & Anisa. (2023). Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan

Bermotor (Dari Preferensi Risiko Hingga Dampak) (Pertama). Kolaborasi Pustaka Warga.

M. Farouq. (2018). Hukum Pajak di Indonesia (Pertama). Penerbit Kencana.

Mardiasmo. (2019). Perpajakan (Pertama). CV. Andi Offset.

Nuralam, I. P. (2017). Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen Dalam Pemasaran Perbankan

Syariah (Pertama). UB Press.

Philip Kotler, & Kevin Lana Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 (Kedua Belas). PT

INDEKS.

Putri, N. A., & Tambun, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem Perpajakan dan Sosialisasi

Perpajakan Terhadap Kepuasan Pengguna e-Filing Dengan Kepercayaan Terhadap Otorisasi

Perpajakan Sebagai Variabel Moderating. Media Studi Ekonomi, 21(1).

Rahayu. (2020). Perpajakan Konsep, Sistem, Dan Implementasi (Pertama). Penerbit Rekayasa

Sains.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-30