Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Bbc Learnig Englsh Pada Siswa Sma Kelas 2 Sekolah Singosari Delitua

Authors

  • Marice Saragih AMIK Widyaloka Medan
  • Megaria Purba AMIK Widyaloka Medan
  • Himpun Panggabean AMIK Widyaloka Medan
  • Imelda Oktavia Pasaribu AMIK Widyaloka Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/jstekwid.v2i1.155

Keywords:

Aplikasi Bbc Learning English, Kemampuan Bahasa Inggris

Abstract

Keterampilan berbicara sangat penting dalam bahasa Ingris, dengan ketermpilan berbicara yang baik, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan baik.  Aplikasi BBC Learning English merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat berguna dalam pembelajaran Bahasa Inggris,khusunya dalam meningkatakan keterampilan  berbicara dalam bahasaInggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa pada kelas X SMA Singosari Delitua. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini memiliki dua variabel : varieabel (X) adalah aplikasi BBC Learning English  dan variabel (Y) adalah Peningkatan hasil belajar bahasa Inggris.Instrument dalam mengumpulkan data adalah lembaran hasil test siswa dalam kontrol grup dan eksperimental grup. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa  Berdasarkan hasil observasi melalui pre-test dan post-test di dalam kontrol group dan experimental group maka dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi BBC Learning English  dapat :(1) Meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa atau prestasi belajar siswa SMA Kelas X Singosari Delitua (2) Meningkatkan minat siswa SMA Kelas X Singosari dalam belajar bahasa Inggris, terbukti dengan adanya peningkatan hasil nilai yang sangat signifikan  antara kontrol grup dan experimental grup, ditemukan rata-rata nilai dalam pre-test dalam kontrol grup adalah 47,26 dan post test 55 sedangkan deviasinya 7,74  dan di dalam experimental maka ditemukan rata-rata nilai dalam pre-test adalah 51,76 dan post test 80 sedangkan deviasinya adalah 28,24 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa  aplikasi BBC Learning English   dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris Siswa melalui aplikasi BBC Learning English dan dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris, dengan demikian aplikasi ini dapat diterapkan seorang guru bahasa Inggris dalam mengajarkan mata pelajaran Bahasa Inggris

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta:RajagrafindoPersada.

Brown. ( 2000). Teaching by Principles, An Interactive Approach to Language Pedagogy. California : Longman

Judy. (2012). Voice and Speaking Skills for Dummie. Chicester : Chon Wiley And Son, Ltd.

Mulyasa,E.2004.KurikulumBerbasisKompetensi,Konsep,Karakteristik,danImplemantasi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Slamet. 2002 Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pengembangan Profesi Guru .Bandung : LPMP

Nasution.1990.DidaktikAsas-AsasMengajar.Jakarta:BumiAksara

Rudi,SusilanadanRianaCedpi.2007.MediaPembelajaran.Bandung:CV.WacanaPrima

Sanjaya,Wina.2006.StrategiPembelajaranBerorientasiStandarProsesPendidikan. Jakarta: KencanaPrenadaMedia.

SardimanAMdkk.2004.MateriPelatihanTerintegrasiPengetahuanSosial.

Jakarta: Depdiknas.

SasonoharjodanYennyJorySalmon.2005.PembangunanMediaPembelajaran.

LembagaAdministrasiNegara.

Slamento.2003.BelajardanFaktor-faktoryangMempengaruhinya.Jakarta:PT.RinekaPress

Sudjana,Nana.1990.PenilaianHasilProsesBelajarMengajar.Jakarta:RajawaliPress.

Sugiyono.2007.MetodePenelitianPendidikan.Bandung :Alfabetha

{14}Sukidin, Basrowi dan Sunarto. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas.

Insan Cendikia.

Downloads

Published

2023-02-12