Analisa Penjualan Barang Menggunakan Data Warehouse Pada PT. XYZ

Penulis

  • Tia Dwi Syaputri Universitas Potensi Utama Medan
  • Luthfi Zaidi Universitas Potensi Utama Medan
  • Nazwa Maharani Ivanka Putri Universitas Potensi Utama Medan
  • Zahwa Anggarini Ivanka Putri Universitas Potensi Utama Medan
  • Dedek Indra Gunawan Hts Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/jstekwid.v3i2.282

Kata Kunci:

Gudang data, Analisis Penjualan, Ritel Fashion, Wawasan Pelanggan, Proses ETL, Strategi Pemasaran

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi implementasi gudang data di PT XYZ, perusahaan ritel fashion pria berskala nasional di Indonesia, dengan 100 outlet tersebar di seluruh negeri. Gudang data memfasilitasi integrasi dan analisis data penjualan dari berbagai sumber, memungkinkan PT XYZ untuk mengidentifikasi tren produk, performa penjualan regional, dan pola pembelian pelanggan. Temuan utama menunjukkan bahwa kaos adalah produk terlaris, menunjukkan permintaan pasar yang kuat. Analisis penjualan regional mengungkapkan Jakarta sebagai pasar yang performanya tinggi, menyarankan adanya peluang untuk strategi pemasaran yang terfokus dan optimisasi inventaris. Selain itu, pola pembelian pelanggan, seperti kecenderungan untuk membeli kemeja dan celana secara bersamaan, memberikan peluang untuk promosi bundling dan strategi diskon. Tantangan meliputi memastikan kualitas dan konsistensi data melalui proses ETL yang efektif. Secara keseluruhan, gudang data telah meningkatkan efisiensi operasional, merancang strategi pemasaran yang lebih baik, dan mendalami wawasan pelanggan bagi PT XYZ.

Referensi

Deri, R. R., Srimurni, R. R., Nahwan, D., Gadzali, S. S., & Nugroho, I. S. (2022). Analisis dan Perancangan Sistem Digitalisasi Sales Executive Pada Perusahaan Distribusi PT XYZ. Teknologi Nusantara, 4(1).

Indarta, Y., Irfan, D., Muksir, M., Simatupang, W., & Ranuharja, F. (2021). Analisis dan Perancangan Database Menggunakan Model Konseptual Data Warehouse Sistem Manajemen Transaksi Toko Online Haransaf. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4448-4455.

Jayanta, I. D. B. G. K., Susanto, A., & Girsang, A. S. (2022). PERANCANGAN DATA WAREHOUSE dan DASHBOARD PT XYZ. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 10(1), 17-24.

Manggala, A. P., & Yustanti, W. (2020). Analisis Investasi Aplikasi Enterprise Resource Planning (Erp) Menggunakan Metode Costbenefit Analysis Pada Pt Xyz. Jurnal Manajemen Informatika, 10(2), 56-64.

Pratama, I. P. A. E., & Pradipta, I. G. A. (2018). Desain dan Implementasi Data warehouse Untuk Prediksi Penjualan Produk pada Toko Mekarsari. Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan, 5(1), 65-72.

Sani, A. (2016). Analisa Penjualan Retail dengan Metode Association Rule untuk Pengambilan Keputusan Strategis Perusahaan: Studi Kasus PT. XYZ. XYZ. Infotech, 2(1), 34-50.

Sulaiman, A. (2014). Analisis dan Rekayasa Ulang Proses Bisnis Sistem Pembelian pada PT XYZ. Ultima InfoSys: Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 5(1), 27-32.

Syah, R. (2014). Rancang Bangun Data warehouse untuk Analisis Strategi Produksi Penjualan Usulan: PT. XYZ. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 6(1).

Triputranto, B., & Wirakanda, G. (2019). Analisis pengendalian persediaan barang maintenance, repair, dan operating dengan metode EOQ (Economic Order Quantity) pada PT. XYZ. Tbk. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1).

Wulan, A., & Hendrawan, B. (2018). Analisis pemilihan jasa forwarder dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di PT. XYZ. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 294-306.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-30

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama