Implementasi kelompok umkm e-commerce di kelurahan pagar Merbau II kecamatan Lubuk Pakam

Penulis

  • Rahayu Sri Utami Akademi Manajemen Informatika Manajemen Widyaloka Medan
  • Kevin Tambunan Akademi Manajemen Informatika Manajemen Widyaloka Medan
  • Intan Permata Sari Akademi Manajemen Informatika Manajemen Widyaloka Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i1.92

Kata Kunci:

Implementasi, E-Commerce, UMKM

Abstrak

Tahun 2015, Indonesia memasuki era globalisasi yakni Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA) dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu benteng pertahanan ekonomi nasional, dimana bila tidak diperhatikan secara serius maka pertumbuhan ekonomi nasional akan rapuh. Dalam hal ini perlu perhatian khusus untuk para UMKM terutama masalah pemasaran. Dalam upaya untuk mengembangkan indutri kecil, menengah, maka kelemahan-kelemahan tersebut harus diatasi. Disinilah peran Perguruan Tinggi sebagai lembaga pendidikan dapat lebih berperan serta membantu mengatasi permasalahan yang ada sehingga diharapkan para UMKM dapat terus berperan dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Indonesia. Menyadari akan permasalahan tersebut, kami dosen dan mahasiswa Amik Widyaloka adalah salah satu Perguruan Tinggi yang perduli terhadap lingkungan masyarakat sekitar merencanakan akan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diharapkan mampu menambah pengetahuan dalam hal pemasaran bisnis melalui internet marketing (E-Commerce), serta dapat memotivasi para UMKM dapat menjalankan usahanya secara profesional.

Referensi

Agung, Adiono, 2011, Peran E-commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing UKM, Bandung. STIE-INABA Departemen Koperasi RI, 2013, Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Tahun 2011-2012,

www.depkop.go.id, di akses 20 April 2018

Dinkopumkm.semarangkota.go.id , 2013, Prduk UMKM dan Koperasi Dipamerkan, diakses 20 April 2018. William J. Stanton , 1991, Fundamentals of marketing, edition 9, McGraw-Hill

Philip Kotler, Gary Armstrong, 2010, Principles of Marketing, Second European Edition, Prentice Hall

http://bisnisukm.com/strategi-pemasaran-bisnis-melalui-internet-marketing.html

Amaliya, U. (2011). E-Commerce di Singapura dan Indonesia: Sebuah Perbandingan Kebijakan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

Blakely, Edward J., Bradshaw, Ted K. 2002. Planning Local Economic Development: Theory and Practice. SAGE Publications

Kementrian Koperasi dan UMKM RI. 2013. Pengembangan Produk Unggulan Daerah Melalui Pendekatan OVOP (One Village One Product). Paparan Rakornas

Tim Berners-Lee, Robert Cailliau, Ari Luotonen, Henrik Frystyk Nielsen, and Arthur Secret. 2013. The World-Wide Web. Commun. ACM 37, 8 (August 2015), 76-82. DOI: https://doi.org/10.1145/179606.179671

The first banner on the internet [http://thefirstbannerad.com/] (diakses tanggal 28 Nopember 2021)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-25

Cara Mengutip

Utami, R. S. ., Tambunan, K. ., & Permata Sari, I. . (2022). Implementasi kelompok umkm e-commerce di kelurahan pagar Merbau II kecamatan Lubuk Pakam. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Widya (PUNDIMASWID), 1(1), 21-31. https://doi.org/10.54593/pundimaswid.v1i1.92