Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Dengan Menggunakan Marker Based Tracking Berbasis Android

Authors

  • Nandri Marsan Sitinjak AMIK Widyaloka Medan
  • Ega Pratama Universitas Potensi Utama, Medan
  • Jimmy Wilson Tambunan AMIK Widyaloka Medan

Keywords:

Augmented Reality, Marker, Unity 3D, Matematika, Android

Abstract

Pada perkembangan teknologi saat ini membawa banyak dampak perubahan signifikan bagi kehidupan anak-anak hingga orang dewasa, salah satu yang paling menarik perhatian penulis ialah perubahan pola belajar anak-anak yang di pengaruhi oleh perkembangan teknologi. Dimana anak-anak lebih sering menatap layar smartphone dari pada membaca buku pelajaran, sehingga minat membaca di kalangan anak-anak usia dini sangat menurun. Bahkan anak-anak pada usia dini saat ini hampir kebanyakan belum mengetahui pembelajaran matematika. Oleh sebab itu saya sebagai penulis cukup prihatin dengan perkembangan pola belajar anak-anak pada saat ini yang di sebabkan oleh perkembangan tekonologi. Berdasarkan masalah yang telah diungkapkan diatas, terlihat bahwa sistem pembelajaran pendidikan pada saat ini dapat di tingkatkan guna mendapatkan pola pembelajaran yang lebih baik lagi. Dimana hampir seluruh anak-anak pada tingkat TK sudah memiliki smartphone sendiri, sangat dimungkinkan untuk mengembangkan teknologi dalam sistem pembelajaran yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang telah diungkapkan diatas.Oleh sebab itu dalam penulisan skripsi penulis akan membuat sebuah media pembelajaran tentang pembelajaran matematika berbasis android agar lebih menarik dan meningkatkan minat belajar anak-anak. Pada aplikasi yang akan penulis buat kali ini bertujuan untuk mempermudah anak-anak dalam mengenal dan mempelajari matematika di usia dini. Aplikasi pembelajaran matematika ini di buat menggunakan software Unity 3D, serta pembuatan model pola matematika penulis menggunakan software Blender. Untuk model pola matematika yang di hasilkan pada aplikasi ini berupa gambar hewan 3 Dimensi (3D) yang apabila pengguna mengarahkan kamera pada objek atau gambar 3D maka pada aplikasi akan muncul gambar 3 Dimensi (3D) berbentuk pola matematika yang telah di tangkap oleh kamera pengguna.

References

A. H. Arrum and S. Fuada, “Penguatan Pembelajaran Daring di SDN Jakasampurna V Kota Bekasi, Jawa Barat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR),” ABDIMAS J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 502–510, 2021, doi: 10.35568/abdimas.v4i1.1181.

A. Pangestu, E. Susanti, and W. Setyaningrum, “Pemanfaatan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada penalaran spasial siswa,” Pros. Semin. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 5, pp. 205–210, 2019, [Online]. Available: http://prosiding.himatikauny.org/index.php/prosidinglsm/article/view/39%0Ahttp://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/641

G. Molina and T. Thamrin, “Pengembangan Media Pembelajaran Komponen Elektronika Berbasis Augmented Reality,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 9, no. 4, p. 20, 2021, doi: 10.24036/voteteknika.v9i4.114206.

A. Maulana Arifin, H. Pujiastuti, R. Sudiana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jalan Raya Jakarta Km, and K. Serang, “Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa,” J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 59–73, 2020, [Online]. Available: http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpmhttps://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135

N. Huda and F. Purwaningtias, “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (Ar) Pembelajaran Matematika Menggunakan 3 (Tiga) Bahasa Pada Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android,” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/744

A. Harahap, A. Sucipto, and J. Jupriyadi, “Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android,” J. Ilm. Infrastruktur Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 20–25, 2020, doi: 10.33365/jiiti.v1i1.266.

J. Sutresna, F. Yanti, and A. E. Safitri, “Media Pembelajaran Matematika Pada Usia Dini Menggunakan Augmented Reality,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 4, p. 424, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i4.42900.

E. Yulsilviana, B. Basrie, and A. W. Saputra, “Implementasi Augmented Reality Pemasaran Rumah Pt. Rika Bersaudara Sakti Menggunakan Metode Marker Based Tracking Pada Brosur Perumahan,” Sebatik, vol. 17, no. 1, pp. 11–15, 2017, doi: 10.46984/sebatik.v17i1.80.

S. Hadi, “Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar,” Pros. TEP PDs, vol. 1, no. 15, pp. 96–102, 2017.

M. Danny, “Perancangan Sistem Informasi LPPM pada STMIK Cikarang berbasis Web Menggunakan Database Mysql,” J. Chem. Inf. Model., vol. 12, no. 4, pp. 90–96, 2017.

Downloads

Published

2023-04-28