Pengaruh supervisi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan motivasi sebagai variabel intervering pada SMA N 1 Dolok Sanggul kabupaten Humbang Hasundutan

Authors

  • Ayu Fitrida Purba AMIK Widya Loka Medan
  • Kevin Tambunan AMIK Widya Loka Medan
  • Jimmy Wilson Tambunan AMIK Widya Loka Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v3i1.81

Keywords:

Supervisi, Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA N 1  Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan tujuan penelitian ini adalh untuk menganalisis Pengaruh Supervisi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervering Pada Sma N 1 Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. Data dikumpul dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi dan variabel-variabel yang di telitu menggunaka skala likert. Daftar pertnyaan terlebug dahulu di uji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas, pengelolaan data menggynakan alat bantu komputersisasi SPSS versi 22 dianilisis dengan regresi berganda. Variabel-Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini di klasifikasikan sebagai berikut:variabel bebas supervisi dan gaya kepemimpinan, variabel terikat kinerja guru dab variabel intervering motivasi. Pengujian ini dilakukan dengan koefisien Determinasi (R) yang bertujuan untuk mengtahui seberapa besar pengaruh variabel bebas mempengaruhi antara variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial atau uji- t . Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh total yang paling besar adalah supervisi terhadap kinerja guru pada SMA N 1 Doloksanggul dengan Koefisien Regresi 0,753 dibandingkan dengan pengaruh total gaya kepemimpinan terhadap kinerja melalui motivasi SMA N 1. Doloksanggul Humbang Hasundutan.

Author Biographies

Ayu Fitrida Purba, AMIK Widya Loka Medan

Program Studi  Manajemen Informatika

Kevin Tambunan, AMIK Widya Loka Medan

Program Studi Manajemen Informatika

Jimmy Wilson Tambunan, AMIK Widya Loka Medan

Departemen Manajemen Informatika

References

Abd Wahab dan Umiarso. 2010 Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spritual. Jogjakarta: ArRuzz Media

A.M Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimin. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pakrik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin Harahap. 1983. Supervisi Pendidikan. Jakarta : Damai Jaya

Donni juni Priansa. 2012. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung : Alfabeta

Fastino Cardaso Gomes, 1997. Manajemen Daya Manusia, Yogyakarta: Andi Offset

Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Hendry Simamora,1995. Manajemen Daya Manusia, Yogyakarta: STIE YKPN

Slameto. 2010. Belajar dan Fakror-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryono, dkk, 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta : Rineka

]13] Uno B Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito Bimo. 2010. Pengatar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2022-04-03