ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN PROFESI, PENGAKUAN PROFESIONAL DAN PENGHARGAAN FINANSIAL TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI DALAM MEMILIH KARIR SEBAGAI AKUNTAN PROFESIONAL

Main Article Content

Bertha Elvy Napitupulu
Sita Dewi
Kartika Silitonga
Frisca Siagian
Emma Saur Nauli

Abstract

Pertumbuhan keberagaman profesi dalam dunia kerja di Indonesia saat ini memberikan pilihan kepada setiap mahasiswa. Mahasiswa ekonommi jurusan akuntansi yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana (S1), mereka dapat meneruskan ke dunia kerja yang mereka minati. Terdapat tiga pilihan sebagai langkah awal dalam menentukan karier yang akan mereka masuki, langsung terjun ke dunia kerja, melanjutkan pendidikan pasca sarjana (S2) dan dapat mengambil pendidikan kembali dengan profesi akuntan apabila ingin menjadi akuntan profesional. Minat mahasiswa akuntansi untuk memilih karir menjadi seorang akuntan profesional sangat kurang. Pekerjaan sebagai akuntan dianggap pekerjaan yang membosankan dan rumit. Mahasiswa akuntansi belum banyak yang mengetahui bahwa untuk menjadi akuntan profesional prosesnya bertahap dan tidak mudah. Sementara itu penghargaan profesional akuntan juga menjadi ganjalan bagi mahasiswa akuntansi untuk memilih karir sebagai akuntan. Tidak dipungkiri bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan pasti mengharapkan penghargaan finansial. Kemajuan teknologi, penggunaan media sosial membuat lapangan pekerjaan baru yang penghargaan finansialnya cukup baik sehingga pekerjaan ini lebih dilirik para mahasiswa pada umumnya, dibandingkan pekerjaan sebagai akuntan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan profesi, pengakuan profesional dan penghargaan finansial terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir sebagai akuntan profesional. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi dari Perguruan Tinggi yang ada di DKI Jakarta. Sampel sebanyak 91 mahasiswa jurusan akuntansi dipilih dengan teknik snowball sampling. Dengan analisa regresi korelasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan profesi berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan profesional, dan penghargaan finansial berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagi akuntan profesional. Sedangkan penghargaan profesional tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagi akuntan profesional.

Article Details

Section
Articles

References

Firmansyah, Amrie dan Rizky Tiaro Sulistyo. (2022). Edukasi Terkait Profesi Akuntan Bagi Kelompom Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0. Junal Pengmasku vol 2 no 2.

Hasibuan, Nurul Abidin. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Generasi Milenial dan Generasi Z dalam Menghadapi Persaingan Global Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Manajemen vol 1 no 1, Program Studi Manajemen Universitas Pamulang.

Bariyyah, Shofiyyatul., Antin Okfitasari dan Ety Meikhati. (2021). Profesi Akuntan di Era New Normal. Jurnal Bisnis Manajemen Akuntansi vol 1 no 1.

Atika, Arisa. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadikan Media Sosial Youtube, Instagram, TikTok sebagai Sumber Penghasilan (Persepsi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indonesia). Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Meilinawati, Rizki., Anik Yuliati. (2023). Pengaruh Motivasi dan Pemahaman Materi TerhadapMinat Karier Mahasiswa Akuntansi Menjadi Akuntan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin vol 2 no 3.

KONTAN. (2023). Profesi Akuntan Profesional Masih Langka di Indonesia, Siapa Berminat. https://momsmoney/kontan.co.id

www. Psychologymania.com

Robbins, Stephen., Timothy A Judge. (2017). Organizational Behaviour. New Jersey : Pearson Education.

Mappiare, Andi. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional.

Napitupulu, Bertha Elvy., Sita Dewi., Dwi Listyowati. (2021). Peranan Pendidikan Profesional Berkelanjutan Terhadap Akuntan Berpraktek. Jurnal of Accounting and Finance vol 5 no 2.

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, Terry D. Warfield. (2016). Intermediate Accounting. IFRS Edition. Second Edition. United States: WILEY.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana.

Badriyah, M. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan 1. Bandung : CV Pustaka.

Pradana, D. (2017). Pengaruh motivasi dan persepsi mahasiswa tentang pendidikan profesi akuntansi terhadap minat menjadi akuntan perusahaan pada mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Naminingsih, N. N., & Rahmayati, A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dalam Pemilihan Karir Akuntnasi Publik. Seminar Nasional Dan The 6th Call for Syariah Paper.

Rachmawati, R. (2018). Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan mahasiswa akuntansi dalam memilih karier profesi akuntan. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Al-Hafis, S. I. (2017). Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Menjadi Akuntan Publik. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Most read articles by the same author(s)