PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. PLN (PERSERO) UNIT WILAYAH MEDAN TIMUR

Authors

  • Sri Dhea Safira Universitas Potensi Utama Medan
  • Taufiq Risal Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i1.287

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan.

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. PLN (Persero) Unit Wilayah Medan Timur” merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT. PLN (Persero) Unit Wilayah Medan Timur. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah menggunakan SPSS versi 25. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial bahwa variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. PLN (Persero) Unit Wilayah Medan Timur. Dan secara simultan menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. PLN (Persero) Unit Wilayah Medan Timur.

References

Arianto, Nurmin, Giovanni. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Pembelian.” Jurnal Pemasaran KOMPETITIF 3(2):12–22.

Ariella, Irfan Rizqullah. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid.” Jurnal Manajemen dan Star-Up Bisnis 3(2).

Brigitte Tombeng, Dkk. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja Oci Manado.” Jurnal EMBA 7(1):891–900.

Eka Giovana Asti, Eka Avianti Ayuningtias. 2020. “Pengaruh Kualitas pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis 01(01):1–14.

Fitria, Nelly. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UD. Eva Group Mataram.” VALID Jurnal Ilmiah 16(1):123–135.

Hidayat dan Purwana, N. dan D. (2019). Studi Kelayakan Bisnis (Cetakan 3). Rajawali Pers, 2019.

Magdalena, O. (2015). Analisis Perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 Menurut UU No. 36 Tahun 2008 Sebuah Kajian Interative pada Kantor Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Toba Samosir. Theoretical and Applied Genetics, 7(2), 1–7.

Maharani, M. V., Sunarta, K., EL, R. M., & Yuliasanti, Y. (2021). Analisis Efektivitas Penerapan E-Spt Pph 21 Terhadap Kemudahan Wajib Pajak Badan Dalam Melaporkan Spt Masa (Study Kasus Kpp Pratama Bogor). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 8(4).

Mardiasmo. (2019). Perpajakan. Andi Offset.Yogyakarta

Mardiasmo. (2021). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Andi. Yogyakarta.

Maulana, N. (2021). Kajian Penerapan Sistem Pelaporan SPT Pajak Manual Dengan SPT Pajak Elektronik (Studi Kasus Kantor KPP Pratama Makassar Utara).

Mayasari, S. (2020). Analisis Sistem Penggunaan E-Filling Dalam 57 Menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) Pada KPP Pratama Tebing Tinggi.

Muhhammad Falhan dkk (2022). Analisis Pemahaman Pajak Penghasilan Dan Sanksi Pajak Terhadap Pelaksanaan Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) Pegawai.

Nasution, E. M. S., & Sanjaya, S. (2021). Pengetahuan Dan Kepatuhan Wp Dalam Pengisian SPT Tahunan OP Melalui E-Filling Selama Masa Pandemi. UMSU.

Novarina, A. I. (2021). Program studi pasca sarjana magister kenotariatan universitas diponegoro semarang 2005.

Downloads

Published

2024-08-29