Strategi umkm dalam menghadapi pasar di masa pandemi Covid-19 (umkm dalam bidang kuliner di wilayah Kecamatan Tanjung Morawa)

Authors

  • Rahayu Sri Utami AMIK Widya Loka Medan
  • M.Agung Sasmita AMIK Widya Loka Medan
  • Yusniar AMIK Widya Loka Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v3i1.85

Abstract

UMKM adalah usaha perdagangan yang dikelola oleh perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif dengan kriteria yang sudah ditetapkan dalam undang-undang. Bahkan dari segi usaha pengelolalaan, masih memiliki hubungan erat dengan perekonomian masyarakat diberbagai lapisan. International Monetary Fund (IMF) yang memproyeksikan ekonomi global akan tumbuh minus di angka 3%.. Di Indonesia,  hal  ini tentunya   juga   memiliki   dampak   yang   cukup  signifikan terhadap pariwisata,  sektor perdagangan,  industri  termasuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Desa Sumurboto, Kabupaten Blora merupakan salah satu desa yang sebagian besar masyarakatnya menjadi pengrajin anyaman bambu. Secara langsung maupun tidak langsung, mereka terdampak adanya pandemic covid 19 ini. karena itu perlu strategi pemasaran yang dapat dilakukan pada masa pandemi Covid- 19 dan faktor pendukung dalam berwirausaha di sektor ekonomi kreatif pada masa pandemi Covid-19. Sedangkan faktor pendukung dalam  berwirausaha di sektor ekonomi kreatif pada masa pandemi Covid-19 agar berjalan secara efektif dan efisien diantaranya adalah konsep promotion, service excellet customers rewards, afiliasi atau kemitraan dan modal sosial.

Author Biographies

Rahayu Sri Utami, AMIK Widya Loka Medan

Program Studi Manajemen Informatika

M.Agung Sasmita, AMIK Widya Loka Medan

Program Studi Manajemen Informatika

Yusniar, AMIK Widya Loka Medan

Program Studi Manajemen Informatika

References

Anggraeni, Feni Dwi, dkk. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitas Pihak Eksternal dan Potensi Internal.(Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 6, Hal. 1286-1295)

Firmansyah, Aditia Iqbal. 2018. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Tulungagung, (Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung)

Hartono dan Deny Dwi Hartono, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta, (Jurnal Bisnis & Manajemen, Vol. 14, No. 1, 2014: 15-30)

Hidayati, Nurul. 2016.Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Kabupaten Bogor Periode 2012-2015 (Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)

Purhanta, Wahyu. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Resalawati, Ade. 2011. Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pada Sektor UKM Indonesia, (Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)

Salam, Muhammad Aminul Khoiri. Perilaku Produksi di Tengah Krisis Global Akibat Pandemi Covid-19 dan Memanfaatkan Media Online Facebook Sebagai Alternatif Pasar, (Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi)

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kualitatif. Cet. 19. Bandung: Alfabeta

Supriyatna, Yayat. 2011.Analisis Dampak Bencana Terhadap Perekonomian Indonesia Dengan Pendekatan SNSE. (Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia)

Undang-undang Nomor 20 tahun 2008 tentang UMKM, Bab IV Pasal 6 Www.Suara.Com/Yoursay/2020/03/27/133435/Efek-Samping-Urgensi-Corona-

Terhadap-Ekonomi diakses 22 April 2020

Yuliana. 2020. Wellness And Healthy Magazine. Universitas Lampung

Downloads

Published

2022-04-03