Pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas xi jurusan akuntansi smk negeri 1 medan t.a 2017/2018

Penulis

  • Ayu Fitrida Purba Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Dearlina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Sopar Simatupang Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v1i1.1

Kata Kunci:

Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMKNegeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018, (3) pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan sejumlah 149. Sebanyak 10  siswa digunakan untuk pengujian validitas angket, sedangkan 36 responden sebagai data penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert 4 alternatif jawaban. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018; sebesar 3,628 (2) terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018; 2,371 (3) terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2017/2018 dan sebesar 42,3 %.

Biografi Penulis

Ayu Fitrida Purba, Universitas HKBP Nommensen Medan

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dearlina Sinaga, Universitas HKBP Nommensen Medan

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sopar Simatupang, Universitas HKBP Nommensen Medan

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Referensi

A.M Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Arikunto

Suharsimin. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pakrik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah Bahri, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fuad, Chiristine dkk. 2001. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Slameto. 2010. Belajar dan Fakror-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno B Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito Bimo. 2010. Pengatar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Andyarto Sudjana. 2004. Efektivitas Pengelolaan Kelas “BPK PENABUR” di Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur- No.02/Th.lll/Maret2004. (http://www.geocities.ws/dien_sib24gd/fei/068-081.pdf) (diakses 3 Mei 2017)

Linda Setiawan., Jurnal (2015), Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Belajar Praktik Kejujuran Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer Dan Informatika,

(http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/download/6487/5585) (diakses 20 Mei 2017)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-04-05