Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Duolingo pada Kelas X SMA Nasrani

Penulis

  • Marice Saragih AMIK Widyaloka Medan
  • Reni Rossiana Lumbangaol Universitas Potensi Utama Medan
  • Jontra Jusat Panggaribuan Universitas Katolik Santo Tomas Medan
  • Imelda Oktavia AMIK Widyaloka Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v4i1.162

Kata Kunci:

Aplikasi Duolinggo, Kemampuan Tata Bahasa Inggris

Abstrak

Tata bahasa termasuk komponen penting untuk megukur kemampuan berbahasa para siswa atas bahasa yang dipelaarinya. Tidak sempurna, jika para pelajar dinilai mahir berbahasa namun hanya mengetahui dalam berkomunikasi saja tanpa memperhatkan tata bahasa yang benar Aplikasi Duolingo merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat berguna dalam pembelajaran bahasaInggris khususnya dalam meningkatkan kemampuan tata bahasa Inggris siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa(grammar) siswa dengan menggunakan aplikasi duolingo pada kelas X SMA Nasrani Medan. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode kuantitatif, dalam penelitian ini memiliki dua variabel : Variabel (X) adalah Aplikasi Duolingo dan Variabel(Y) adalah Peningkatan kemampuan tata bahasa(grammar). Instument yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah lembaran hasil test siswadalam control group dan experimental group. dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Duolingo dapat meningkatkan kemampuan tata bahasa (grammar) siswa Kelas X SMA Nasrani Medan dan dapat meningkatkan minat siswa kelas X SMA Nasrani Medan dalam belajar BahasaInggris terbukti dengan peningkatan nilai yang sangat signifikan antara control group dan experimental group .  Nilai dalam control group dalam pre-test adalah 47,4 dan post test 55.0 deviasi yang ditemukan dalam kontrol group antara pre-test dan post test  adalah 7,6 sedanngkan dalam experimental group  pre-test adalah 51,76 dan post test 79,23 dan deviasi yang ditemukan dalam experimental  group antara pre-test dan post test  25,63 deviasi tersebut adalah tinggi dengan demikian dapat dikatakan bahwa aplikasi duolinggo dapat meningkatkan tata bahasa (grammar) siswa Kelas X  SMA Nasrani Medan

Referensi

Agustin, Y.(2015). Penguasaan Tata Bahasa dan Berfikir Logik Serta Kemampuan Menulis Artikel

Ilmiah Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(2), 123-12.http://x.doi.org/10/30998/fjik.v2i2.387

Asyar, R. (2011). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Effendi, D., & Wahiy, A (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran

https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977

M. Ngalim Purwanto & Djeniah Alim. (1997). Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta : PT. Rosda Jaya Putra.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implemantasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Slamet. 2002 Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pengembangan Profesi Guru .Bandung : LPMP

Nasution. 1990. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Peraturan Mendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pembelajaran Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dalam www.depdiknas.go.id

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dalam www.depdiknas.go.id

Rudi, Susilana dan Riana Cedpi. 2007. Media Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Sardiman AM dkk. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Pengetahuan Sosial.

Jakarta : Depdiknas.

Sasonoharjo dan Yenny Jory Salmon. 2005. Pembangunan Media Pembelajaran.

Lembaga Administrasi Negara.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabetha

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-28