PENGARUH CONTRIBUTION MARGIN, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2020-2022

Penulis

  • Kuncu Saragih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta, Jakarta, Indonesia
  • Neria Oktifetrika Julia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta, Jakarta, Indonesia
  • Rudy Hedianton Saragih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta, Jakarta, Indonesia
  • Yunia Panjaitan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v4i2.197

Kata Kunci:

Contribution Margin, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Harga Saham

Abstrak

Sekarang ini, berinvestasi menjadi salah satu mata pencaharian. Banyak orang mencari cara untuk memperoleh keuntungan dari berinvestasi. Harga saham menjadi pertimbangan investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga saham seperti laba, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, contibuton margin, tingkat rasio utahg dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh contribution margin, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari Bursa Efek Indonesia. Sampel sebanyak 10 perusahaan barang konsumsi sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2020-2022. Hasil dari penelitian menunjukkan secara parsial hanya contribution margin yang berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap harga saham. TetapiĀ  secara simultan contribution margin, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap harga saham.

Referensi

OJK. (2023) . Penyebab naik turun harga saham suatu perusahaan.

https://sikapiuangmu,ojk,go,id

Schmidt, Jeffrey. (2019). Contribution Margin. Corporate Finance Institute

https://corporatefinanceinstitute.com

Suwardjono. (2013). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. edisi ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Sujarweni, V. Wiratna. (2019). Analisis Laporan Keuangan : Teori, Aplikasi, dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Hariadi, Bambang. (2002). Akuntansi Manajemen .edisi 1. Yogyakarta : BPFE

Munawir, S. (2004). Analisa Laporan Keuangan .edisi 4. Yogyakarta : Liberty

FEB Universitas Bung Hatta. (2020). Ukuran Perusahaan (Pengertian, Jenis, Kriteria dan Indikator). https://ekonomi.bunghatta.ac.id/index.php/id/artikel/811 .

Kamal. (2020). Perbedaan Aset Tetap,Aset Lancar dan Aset Tidak Tetap. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/perbedaan-aset-tetap-dan-tidak-tetap/

Kasmir . (2018). Analisis laporan Keuangan. Depok : Rajawali Pers.

OCBC NISO. (2022). Pengertian Harga Saham, Cara Analisa dan Faktor Perubahannya

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/01/05/harga-saham-adalah

Sofiah, Sigit Prihanto Utomo dan Taudlikhul Afkar (2019) . Analisis Peranan Contribution Margin dalam Pencapaian Laba Perusahaan PT Sakura Berkah Sejahtera. OCBC NISP.

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/01/05/harga-saham-adalah

Sigar, Preisia dan Lintje Kalangi. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/01/05/harga-saham-adalah

Ghozali, Imam. (2018) . Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-25