ANALISIS PERAN PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK SUMUT SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU MARELAN RAYA

Penulis

  • Dina Syafitri Universitas Potensi Utama Medan
  • Alim Murtani Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.396

Kata Kunci:

Pemasaran Digital, Jumlah Nasabah

Abstrak

Peran Pemasaran Digital merupakan pemasaran dengan menggunakan media digital yang
dilakukan oleh perbankan syariah agar dapat meningkatkan jumlah nasabah dengan menggunakan
media pemasaran online. Pada tahun 2019-2020 jumlah nasabah tidak ada kenaikan akibat virus
covid-19, pada awal tahun 2021 Bank Sumut Syariah menggunakan Pemasaran Digital untuk
meningkatkan jumlah nasabah tersebut. Adapun tujuan penelitian ini untuk menjawab terkait peran
Pemasaran Digital Pada Bank Sumut Syariah dan Peranya dalam Upaya meningkatkan jumlah
nasabah yang kemudian ditinjau dari Pemasaran Syariah. Penelitian ini merupakan pendekatan
kualitatif dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi studi pustaka. Hasil penelitian ini
menjelaskan bahwa Peran Pemasaran Digital pada Bank Sumut Syariah menggunakan media sosial
seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp untuk konfirmasi atas aktivasi mobile banking. Selain itu
adanya pemanfaatan melalui pembuatan konten menarik. Strategi Pemasaran Digital Pada Bank
Sumut Syariah juga dilakukan dengan metode push Pemasaran dan pull Pemasaran. Melalui
Pemasaran Digital ini, Bank Sumut Syariah dapat meningkatkan jumlah nasabah. Berdasarkan
berbagai media yang digunakan, instagram memiliki kontribusi paling besar. Berdasarkan wawasan
pemasaran syariah, indikator teistis, etis, dan realistis telah terpenuhi. Namun pada indikator
humanistis terdapat sedikit ketidaksesuaian atas peran pelaksanaan pemasaran digital yang
menggunakan teknologi dari pada tenaga manusia.

Referensi

Afrilia, A.M. “Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora

Umum”. jurnal riset komunikasi, 2018

Annisa Indah Mutiasari, "Perkembangan Industri Perbankan Di Era Digital," Jumal Ekonomi

Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol. IX, No. 2, Agustus 2020,

Atmoko, T. P. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel

Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality, and Recreation, 1(2),2018.

Chaffey, D., & Chadwick, F. E. Digital Marketing Strategy, Implementation, And Practice.

United Kingdom: Pearson Education Limited,2016

Dewi kurniawati , n. strategi pemasaran melalui media sosial dan minat beli mahasiswa. jurnal

simbolika, 201

Dewi Kurniawati Dan Nugraha Arifin. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dan

Minat Beli mahasiswa. Vol. 1, No.2, Jurnal Simbolika.

Musnain. Digital Marketing. ( Pekanbaru: CV. Pena Persada, 2020).

Trisadini P. Usanti, Prof. Dr. Abd Shomad. Hukum Perbankan. Depok: Kencana: 199,2017

Fandy Tjiptono. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset: 50, 1996

Jaya, R. I. (2024, mei selasa). jumlah nasabah di pt. bank sumut syariah kcp marelan raya. (dina,

Pewawancara

Kasmir. Bank Dan Lembaga Keuangan. Jakarta:PT. Rajagrafindo Persada, 201

Muljono, Ryan Kristo, Digital Marketing Concept (Jakarta: Kompas Gramedia, 2018)

Sabila, Nur, Digital Marketing ( Semaranag: STEKOM, 2019).

Sabila, Nur, Digital Marketing ( Semaranag: STEKOM, 2019).

Sabila, Nur, Digital Marketing ( Semaranag: STEKOM, 2019).

Sabila, Nur, Digital Marketing ( Semaranag: STEKOM, 2019).

Vebiana, Vera, Pengalaman Pelanggan dan Kinerja Keuangan Bank Syariah“, Polban, 9, 2018

Philip Koltler, hermawan kartajaya, iwan setiawan. Markeiting 4.0. (Jakarta : Kompas Gramedia,

.

Risa Ratna Gumilang. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Hasil Home, Vol.

, No 1. Jurnal Ilmiah Manajemen,2019

Siti Sholihati. Wanita dan Media Massa.( Yogyakarta : 31, (2007).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2015)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-30