PENGARUH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, EFFECTIVE TAX RATE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP TRANSFER PRICING

Penulis

  • Mauizhah Hasanah Universitas Potensi Utama Medan
  • Emi Masyitah Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.416

Kata Kunci:

Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Effective Tax rate, Likuiditas dan Transfer Pricing

Abstrak

Transfer Pricing adalah penetapan harga penyediaan barang, imbalan atas penyediaan atau
alih teknologi antara perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa. Penelitian ini bertujaun
untuk mengetahui Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Effective Tax rate, dan Likuiditas terhadap
Transfer Pricing Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif.
Populasi penelitian ini ialah seluruh perusahaan Sub Sektor Pertambangan batu Bara yang terdaftar
di BEI. Pengambilan sampel yang digunakan penelitian ini adalah purposive sampling dengan
kriteria tertentu sehingga diperoleh sebanyak 14 perusahaan. Penelitian ini menggunakan alat
analisis regresi linier berganda dilengkapi dengan uji asumsi klasik. Hasil analisis secara parsial
menunjukkan bahwa Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Effective Tax rate, dan Likuiditas tidak
berpengaruh terhadap Transfer Pricing Hasil secara simultan dimana Tunneling Incentive,
Mekanisme Bonus, Effective Tax rate, dan Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Transfer Pricing

Referensi

Adeyemi. (2010). Inventory Management: A Tool Of Optimizing Resources in a Manufacturing

Industry A Case Study Of Coca Cola Botting Company Ilorin Plant. Journal Of Social Science.

Amanda Octavionita Putri, D. S. (2024). Pengaruh Penghindaran Pajak, mekanisme Bonus, dan

Profitabilitas Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Sektor Industrial Yang Terdaftar di BEI.

Jurnal Pelita Bangsa.

Ambarukkmi, Khusniyah Tri, dan N. D. (2017). Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Capital

Intensity Ratio, dan Activiy Ratio Terhadap Effective Tax Rate (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015).

Amidu., M.., Y. (2016). The Effects Of Finnancial Reporting Standard On Tax Avoidance and

Earnings Quality?: A Case Of An Emerging Economy. Journal Of Accounting and Finance.

Arianandini & Ramantha. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Kepemilikan Institusional

pada Tax Avoidance. Journal of Chemical Information and Modeling, 22(2302–8556).

Asiah, C. P. (2022). Pengaruh Likuiditas, Transfer Pricing dan Manajemen Laba Terhadap

Agresivitas Pajak.

Azhara, D. A. (2024). Pengaruh Transfer Pricing, Kepemilikan Institusional, dan Likuiditas terhadap

Penghindaran Pajak.

Azmi Muzal, H. S. L. (2024). Pengaruh Profitabilitas, Exchange Rate, Inovasi Perusahaan dan

Mekanisme Bonus terhadap Transfer Pricing Aggressiveness. Jurnal Syntax Admiration, 5, 650–

Bagus Prayoga, Jack Febriandi Adel, A. (2024). Pengaruh Effective Tax Rate, Tunneling Incentive,

Bonus Scheme, Debt Convenant, dan Exchange Rate Terhadap Transfer Pricing (Studi Kasus Pada

Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Universitas Maritim Raja Ali Haji

Chaerul Djakman, H. G. (2001). Pengujian Pecking Order Hypothesis Pada Emiten di BEI 1994 dan

Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 4.

Deliyanti Simbolon, A. M. S. (2024). Pengaruh Pajak Penghasilan, Tunneling Incentive Terhadap

Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Sub Sektor Industri Dasar dan Kimia Bursa Efek

Indonesia. Jurnal Penelitian Inovatif, 4.

Desai. (2006). Corporate Tax Avoidance and High Powered Incentives. Journal Of Finnacial

Economics, 79, 145–179.

Fany Dewi Irma Purba, Dirvi Surya Abbas, I. H. (2024). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Mekanisme

Bonus, dan Kepemilikan Asing Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi Manajemen

Dan Akuntansi, 1, 187–196

Gars Saraswati, I. K. S. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus dan Tunneling Incentive Pada

Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E- Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19, 1000–1029.

Harimurti. (2007). Aspek Perpajakan Dalam Praktik Transfer Pricing. Jurnal Ekonomi Dan

Kewirausahaan, 7, 53–61.

Hongren, C. (22013). Akuntansi. Erlangga.

Horne, J. (2012). Prinsip - Prinsip Keuangan (Edisi 13). Salemba Empat.

Jensen, M. (1976). Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agnecy Cost and Ownership

Structure. Journal of Finance Economic.

Juliandi A, Irfan, M. S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. UMSU Press.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan (Edisi 7). PT. Raja Grafindo Persada.

Lannai, D. (2024). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Bonus Plan terhadap Keputusan

Perusahaan Untuk elakukan Transfer Pricing. Jurnal Online Manajemen, 4.

Manullang. (2008). Dasar - Dasar Manajemen. Ghalia Indonesia.

Mardiasmo. (2008). Perpajakan (Edisi Revi). CV. Andi Offset.

Michelle Filantropy Mineri, M. P. (2021). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus

dan Profitabilitas terhadap Transfer Pricing. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 5, 35–44.

Mohammad Ganang Prasetyo, D. A. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Transfer Pricing, dan

Likuiditas Terhadap Tax AVoidance. Jurnal Akunida, 8, 14–24.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-30

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>