PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SWALAYAN MAJU BERSAMA CABANG KRAKATAU

Authors

  • Meriana Zendrato Universitas Potensi Utama Medan
  • Ananda Fitriani Dewi Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i1.279

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk Dan Kepuasan Konsumen.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kelengkapan produk terhadap kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan sempel penelitian sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah koesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengujian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah uji statistic deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini sumber data yang di gunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Berdasarkan hasil uji parsial di peroleh bahwa pada variable kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sedangkan pada variabel kelengkapan produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan dari hasil uji simultan di dapat hasil bahwasanya kualitas pelayanan dan kelengkapan produk berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen.

References

Austin Alexander. Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Layanan Online (Grab) Di Wilayah Kota Medan” ISSN 2656-4203. Accumulated Journal, Vol. 3 No. 2 Juli 2021.

Aryani dan Rosinta, 2018. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi.Vol.17, No.2. ISSN 0854-3844.

Batinggi, Ahmad, 2019. Manajemen Pelayanan Umum. Universitas Terbuka, Jakarta.

Buchari, Alma, 2018, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Keenam, Alfabeta, Bandung.

Day, JR., R.A., dan Underwood, A.L, 2018, Manajemen Pemasaran, Penerbit: Salemba Empat PT. Salemba Emban Patria, Jakarta.

Dermawan, Rachman, 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Fasochah dan Harnoto, 2019. Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan kepuasan Konsumen Sebagai variabel mediasi pada RS Darul Istiqomah Kaliwungu Kendal. Jurnal Ekonomi Manajemen Akutansi. No.34. ISSN 0853-8778.

Griffin, Jill. 2019. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hermani, Hadiyati, 2019. Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lawang. Jurnal Manajemen, Vol.2, No.2. ISSN: 2085-0972. Universitas jambi.

Kotler, Philip, 2019, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, Hamdani, 2019. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.

Moenir, H.A.S, 2018. Manajemen Pelayanan Umum, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Parasuraman, Berry, 2018. Delivering Quality Service: Balancing Customer, Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka, Jakarta.

Pasolong, Harbani, 2019. Kepemimpinan Biro krasi. CV.Alfabeta, Bandung.

Purnama, Nursya’bani. 2019. Manajemen Kualitas: Perspektif Global. Yogyakarta: Ekonisia.

Sinambela, Lijan Poltak, 2019. Reformasi Pelayanan Publik. Bumi. Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Supranto, 2018, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta.

Tirtomulyo, 2020, Dasar-Dasar Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Tjiptono, 2022, Strategi Pemasaran, edisi kedua, Cetakan ketujuh, Andi, Yogyakarta.

Wilkie, William L, 2010. Consumer Behavior, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Zeithaml, 2019, Manajemen Pemasaran Jasa, Erlangga, Jakarta.

Downloads

Published

2024-08-29