Pengaruh Content Creator, Price Promotion, Sosial Media Marketting Terhadap Impulsive Buying Dalam Pembelian Produk Skincare Pada Aplikasi Tik Tok Shop (Studi Kasus Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Potensi Utama)

Authors

  • Shilvani Azzahri Universitas Potensi Utama Medan
  • Ari Prabowo Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.366

Keywords:

Content creator, price promotion, social media marketing, dan implusive buying

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganasisi pengaruh content creator, price
promotion, dan social media marketing terhadap implusive buying produk skincare pada aplikasi Tiktok
studi Kasus mahasiswa FEB Universitas Potensi Utama baik secara parsial maupun simultan.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Penelitian ini
menggunakan data primer dimana data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan
menggunakan data sekunder yang berasal dari buku dan jurnaljurnal penlitian sebelumnya. Populasi
dalam penelitian ini adalah karyawan mahasiwa/i FEB Universitas Potensi Utama yaitu berjumlah 975
orang dan jumlah sampel seanyak 91 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Tekni analisi data dalam penelitian ini mneggunakan SPSS 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
content creator dan price promotion berpengaruh signifikan terhadap implusive Buying. Social media
marketing berpengaruh signifikan terhadap implusive buying. Dan secara simultan ketiga variabel
independen berpengaruh berhadap variabel dependen

References

Adhitya, W.R., & Yudhi A.S. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Social Endorsement Dan Kualitas

Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Dikalangan Mahasiswa Di Medan. Jurnal

Multilingual.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta Amalia, Br. Pakpahan.

(2022). Pengaruh Biaya Pendidikan, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Pada

Smk Pab 2 Helvetia.

Angelina Theodora R. P. (2020). Analisis Pengaruh Price Promotion, Consumer Evaluation, Satisfaction

Terhadap Repeat-Purchase Intention (Studi Konsumen Starbucks Di Wilayah Jakarta Dan Tangerang).

ULTIMA Management.

Ascasaputra, A., & Kiswara, P.A. (2022). Analisis Pembelian Impulsif Pada Marketplace Pada Masa

Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Manajemen.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakartas: PT Raja Grafindo Persada. F. T. (2017). Manajemen

Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Fithriyani, S. A., & Aisyah, R. (2022). Perilaku Impulsive Buying Pada Mahasiswi Pengguna ECommerce Shopee Ditinjau Dari Kontrol Diri. JCA Psikolog.

Keller, & G. A. (2016). Dasar Dasar Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga Kotler, & Amstrong. (2018).

Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Selemba Empat.

Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management 15e Global Edition. England. Kotler, Philip, & Keller.

(2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Jakarta.

Kotler, Philip, Keller, & K. L. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Prabowo, A., Lubis, A. N., & Sembiring, B. K. F. (2021). The Effect of Promotion and Servicescape on

Impulsive Buying Behavior with Shopping Emotion as Intervening Variables for Consumers Store of Fashion

H&M in Sun Plaza Medan, North Sumatera, Indonesia. International Journal of Research and Review, 8(2),

-252.

Downloads

Published

2024-10-30