Strategi Pemasaran Pedagang Besar Farmasi Dalam Menghadapi Persaingan

(Studi Kasus Pada Pt Mubarokah Jaya Farma)

Penulis

  • Dwi Listyowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Kartika Indah Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Johan Hursepuny Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Parlin Tumpal Sinaga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v4i1.171

Kata Kunci:

Strategi pemasaran, SWOT

Abstrak

Perkembangan industri farmasi di Indonesia  memiliki peluang yang besar untuk tumbuh, ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah industri farmasi, meningkatnya daya beli masyarakat, kesadaran masyarakat akan kesehatan dan pola hidup masyarakat akan swamedikasi. PT Mubarokah Jaya Farma adalah salah satu distributor pedagang besar farmasi harus memanfaatkan peluang pertumbuhan industri farmasi dengan baik di tengah banyaknya jumlah pesaing yang ada. Karena itu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi persaingan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat pada PT Mubarokah Jaya Farma dalam menghadapi persaingan. Data diperoleh dengan cara wawancara, penyebaran kuesioner, dokumenasi dan studi literature. Analisa yang digunakan adalah SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities and  Threats). Hasil dari penelitian ini adalah PT Mubarokah Jaya Farma berada di kuadaran II pada diagram analisis SWOT , yang artinya perusahaan  menghadapi ancaman eksternal perusahaan dengan memanfaatkan kekuatan internal yang ada. Strategi pemasaran PT Mubarokah Jaya Farma adalah strategi ST (Strenght-Threats) melalui strategi diversifikasi dengan cara mengembangkan kerjasama dengan prinsipal lainnya dan mempertahankan hubungan antar perusahaan distirbutor obat lainnya, melakukan pengembangan pasar di wilayah baru dan memberikan diskon khusus untuk produk tertentu.

Referensi

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Kesehatan.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1148 Tahun 2011 tentang Pedagang Besar Farmasi.

Nuary, N. S. (2016). Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Analisis Swot Pada PT Super Sukses Motor Banjarmasin .Jurnal Ilmiah Bisnis[online]30-42. https://docplayer.info/

Thompson Jr. Arthur A., Strickland III, A.J., Gamble, John E.2007 Crafting and Executing Strategy : the quest for competitive Advantage concepts and cases. New York:Mc Graw-Hill Company Inc.

Kotler, P., dan Amstrong, G, M. 2017. Principles of Marketing. United Kingdom: Pearson

Assauri, S.2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Fred, R David.2015.Manajemen Strategis. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Michael Porter. 2015. Strategi Bersaing (Teknik Menganalisis Industri Dan Pesaing). Jakarta: Erlangga

Freddy Rangkuti.2015. Analisis SWOT. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Widowati, Indriana.2020.Strategi Pemasaran Produk Obat di PBF PT. Kimia Farma Yogyakarta. http://eprints.undip.ac.id/9283/

Retno, Dyah Ayu Ken. 2018. Strategi Pemasaran Obat Herbal Studi Kasus pada Perusahaan Obat Herbal Jamur Dewa di Kabupaten Malang http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13212/.

https://lampung.bps.go.id/indicator/12/569/1/laju-pertumbuhan-penduduk.html

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-28

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama