FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PELANGGAN DI E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS POTENSI UTAMA

Penulis

  • Annisa Khairina Universitas Potensi Utama, Medan
  • Tika Nirmala Sari Universitas Potensi Utama, Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v4i2.210

Kata Kunci:

Kepercayaan Konsumen, Persepsi Resiko, Harga, Minat Beli

Abstrak

Minat beli adalah perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan konsumen untuk melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kepercayaan Konsumen, Persepsi Resiko dan Harga Terhadap Minat Beli Mahasiswa Manajemen Universitas Potensi Utama. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif dengan metode pendekatan Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 611 orang mahasiswa Manajemen Universitas Potensi Utama dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Probability Sampling. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli (2) Tidak terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara Persepsi Resiko terhadap Minat Beli, (3) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara harga terhadap Minat Beli (4) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara Kepercayaan Konsumen, Persepsi Resiko, dan Harga terhadap Minat Beli Mahasiswa Manajemen Universitas Potensi Utama

Referensi

Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi Wahyuni, A. (2021) Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keamanan Konsumen Dan Implikasinya Terhadap Minat Beli Konsumen Di Marketplace Shopee Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) 10(01).

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. (2016). Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016), Marketing Management, (16thEdition), New Jersey: Prentice Hall Published.

McKnight, D.H., Choudhury, V., Kacmar, C. (2015). Developing and validating trust measures for ecommerce: an integrative typology. Inf. Syst. Res. 13(3), 334-359.

Rizki, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Di Kalangan Masyarakat Sangatta (Studi Kasus Pada E-Commerce Shopee). Jurnal Eksis, 16(1).

Rosdiana, R., & Haris, I. A. (2018). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. International Journal of Social Science and Business, 2(3), 169-175.

Sugiyono, 2015 “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”, Bandung, Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono, 2017 “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”, Bandung, Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono, 2018 “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”, Bandung, Penerbit CV. Alphabet

Sugiyono, 2019 “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”, Bandung, Penerbit CV. Alphabet.

Wahyuni Purbohastuti, A., & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 37-46.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-25