Hubungan pengajaran remedial dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Yayasan Perguruan Gajahmada Medan

Penulis

  • Dewi Sartika AMIK Widya Loka Medan
  • James Ronald Tambunan AMIK Widya Loka Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v2i2.28

Kata Kunci:

pengajaran remedial, prestasi belajar siswa.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengajaran remedial dengan prestasi belajar siswa kelas X di SMA Yayasan Perguruan Gajahmada Medan. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Yayasan Perguruan Gajahmada Medan yang beralamatkan di jalan H.M Said No.19 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Yayasan Perguruan Gajahmada  sebanyak 108 orang yang terbagi menjadi 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 48 orang siswa dengan menggunakan teknik random sampling( sampel diambil secara acak) yang masing-masing kelas diambil 45% siswa dari populasi yang ada. Teknik Pengumpulan data penelitian untuk variabel X (pengajaran remedial) dan variabel Y (prestasi belajar siswa) yang dilakukan dengan menggunakan angket (kuisioner) yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya dan dari hasil perhitungan angket variabel X dan variabel Y adalah valid dan reliabel. Kemudian diperoleh rata-rata nilai angket variabel X sebesar 3,25 dikategorikan sangat baik, dan nilai rata-rataprestasi belajar siswa diperoleh 77,92 dikategorikan baik. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah Korelasi Product Moment dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus Uji ”t”. Dari hasil Perhitungan Korelasi product moment diperoleh  thitung sebesar 0,85 dan ttabel sebesar 0,285 yang berarti bahwa terdapat hubungan antara pengajaran remedial (x) dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA Yayasan Perguruan Gajah Mada Medan T.P.2019/2020 pada taraf sangat kuat. Selanjutnya dalam pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus Uji ”t” diperoleh  thitung sebesar  dan 10,965 ttabel sebesar 1,6801. Ini berarti thitung>ttabel  (10,965>1,6801) pada taraf signifikansi 95% atau alpha (?) 0,05 dengan dk = N - 2 = 48 - 2 = 46. Dengan demikian hipotesis yang mengatakan bahwa : ”Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pengajaran  remedial dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA Yayasan Perguruan Gajahmada Medan T.P. 2019/2020 dapat diterima

Biografi Penulis

Dewi Sartika, AMIK Widya Loka Medan

Departemen Manajemen Informatika

James Ronald Tambunan, AMIK Widya Loka Medan

Departemen Manajemen Informatika

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Hakim, Thursan. 2004. Belajar Secara Efektif. Jakarta : Puspa Swara

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Uni Aksara

Makmun, S, Abin. 2004. Cara Belajar. Jakarta : BPK Gunung Mulia

Rusmini, Mukhtar. 2005. Pengajaran Remedial. Jakarta : Nimas Multima

Slameto. 2001. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara

Sofa. 2008. Memahami Kegiatan Remedial Untuk Perbaikan Pembelajaran. http:// massofa.wordpress.com. Diakses 15 September 2009

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Syah, Muhibin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-26