Hongkong Lotto


Dewatogel


PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, INTENSITAS PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN JAMAAH UMROH PT AL MUCHTAR TOUR & TRAVEL

Penulis

  • 1Dian Kurnia Afiandi Universitas Potensi Utama Medan
  • Ari Prabowo Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.380

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Intensitas Promosi, Harga, Kepuasan Jamaah

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, intensitas
promosi, dan harga secara parsial dan simultan terhadap kepuasan jamaah umroh pada PT Al Muchtar
Tour & Travel. Jenis pendekatan penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan metode pengumpulan
data menggunakan kuesioner, kepustakaan, dan dokumentasi dengan sampel sebanyak 100 jamaah
umroh. Berdasarkan hasil pengujian pengaruh variabel Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan jamaah
ditunjukkan oleh nilai thitung yang lebih kecil dari ttabel yaitu thitung = 1,174 < ttabel = 1,66 dan
nilai probabilitas t yakni sig adalah 0,243 sedangkan taraf signifikan ? yang ditetapkan sebelumnya
adalah 0,05 maka nilai sig 0,243 > ? 0,05 sehingga H1 ditolak. Pada variabel intensitas promosi
terhadap kepuasan jamaah ditunjukkan oleh nilai thitung yang lebih besar dari ttabel yaitu thitung =
7,916 > ttabel = 1,66 dan nilai probabilitas t yakni sig adalah 0,000 sedangkan taraf signifikan ? yang
ditetapkan sebelumnya adalah 0,05 maka nilai sig 0,000 < ? 0,05 sehingga H2 diterima. variabel
lokasi terhdap keputusan pembelian ditunjukkan oleh nilai thitung yang lebih besar dari ttabel yaitu
thitung = 2,914 > ttabel = 1,66 dan nilai probabilitas t yakni sig adalah 0,004 sedangkan taraf
signifikan ? yang ditetapkan sebelumnya adalah 0,05 maka nilai sig 0,004 < ? 0,05 sehingga H3
diterima. nilai Fhitung sebesar 25,632 dengan Sig 0,000. Dengan mencari pada Tabel F, dengan dfl=3
dan df2=96, diperoleh nilai Ftabel sebesar 2,14. Dengan kondisi Fhitung lebih besar daripada Ftabel
(25,632> 2,14) dengan nilai Sig 0,000 yang berarti lebih kecil dari alpha (0,000 < 0.05), maka
kesimpulan dapat diambil adalah menerima H4 yang berarti bahwa variabel bebas yang terdiri dari
kualitas pelayanan, intensitas promosi, dan harga secara bersama-sama atau simultan memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat berupa kepuasan jamaah umroh pada
PT Al Muchtar Tour & Travel.

Referensi

Akbar, Rizky Satria. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap

Kepuasan Konsumen Melalui Loyalitas Konsumen Gojek. Jurnal STEI Ekonomi Vol xx NO

xx.

Ariyani, riska & Albari. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap;

Kepuasan Pelanggan, Perceived Value, dan Loyalitas Pelanggan Pengguna Shopee Food di

Kota Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol 3 No 4

Bahaswan, Muhammad Rifqi and , Dra. Wuryaningsih DL, MM. (2021). Pengaruh Kualitas

Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Saudaraku Tour

& Travel Umroh Haji di Malang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Candra Presley, Simanjuntak. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga

Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji (Studi Kasus Pada Burger King Artha

Gading Mall). Skripsi Thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Chulaifi, Muhammad In’amul dan Endang Setyowati. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan,

Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umrah Dan

Haji Pada Pt. Sebariz Warna Berkah Di Surabaya. Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag

Surabaya Vol 03 No 01.

Dewi, Nursinta. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Harga Terhadap

Kepuasan Konsumen Alfamart di Bengkong. Skripsi. Universitas Putera Batam.

Dirayati, Hilya. (2020). Strategi Pengelolaan Ibadah Haji Plus (Studi Kasus Pada PT Al

Muchtar Tour and Travel Kota Banda Aceh. Skripsi. UIN Ar-Raniry.

Effendi, Arif Zakiyyatan dan Rama Chandra. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keptusan Pembelian Pada Travel Umroh

dan Haji Plus PT Inyong Travel Barokah. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Endaryono, Bakti Toni dan Chistina Ekawati. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga,

dan Promosi Terhadapat Keputusan Pemakaian Jasa Travel Umroh dan Haji PT AlifahTour

Cabang Bogor. Jurnal GICI: Jurnal Keuangan dan Bisnis Vol 15 No 1.

Erinawati, Fajrini dan Afriapollo Syafarudin. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga,

Promosi Terhadap Keputusan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan

Kewirausahaan Vol 1 No 1.

Ginantra, K, G., Lestari, N, P, N, E., Gorda, A, E, S., Darma, G, S.. (2020). Effects of

Promotion, Product Quality, Brand Image an Price on Customer Satisfaction and Brand

Switching Decision. IJMEI, Vol. 3 Issue 2

Junaedi., Umi Suswati Risnaeni., dan Nurhafid Ishari. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan

dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Travel Umrah di PT Amanah Fadlilah Insan

Lumajang. Jurnal Iqtishoduna Vol 7 No 2.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2020). Principles of marketing. Edisi 15 Global Edition.

Pearson.

Krisyanto, Ayu Ghania. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, Harga, Brand Image

Terhadap Kepuasan Konsumen Umroh (Studi Kasus di 3 cabang PT. Arminareka Perdana seJawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi

Yogyakarta.

Manurung, Parasian. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Konsumen Dan Keputusan Pembelian Ulang di Alfamart Dan Indomaret (Studi di

Alfamart Dan Indomaret Waralaba di Jalan Ratu Dibalau Tanjung Senang, Bandar

Lampung). Skripsi. Universitas Lampung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-30