Efek Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Suatu Topik (Studi Kasus Dari Siswa)

Penulis

  • Dewi Sartika AMIK Widya Loka Medan
  • Fenisa Lourence Tobing AMIK Widya Loka Medan
  • James Ronald Tambunan AMIK Widya Loka Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v1i1.42

Kata Kunci:

Reciprocal teaching, pemahaman topik baca dan konsep diri.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman topik baca ditinjau dari konsep diri siswa. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah random. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara parsial dan simultan hasil belajar terhadap pemahaman topik baca ditinjau dari konsep diri siswa.

Biografi Penulis

Dewi Sartika, AMIK Widya Loka Medan

Departemen Manajemen Informatika

Fenisa Lourence Tobing, AMIK Widya Loka Medan

Departemen Manajemen Informatika

James Ronald Tambunan, AMIK Widya Loka Medan

Departemen Manajemen Informatika

Referensi

Amaryllia, P. 2007. Cara Praktis Mengukur dan Mengembangkan Konsep Diri Anak. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Dell’Olio,J.M&Donk,T. 2007. Models of Teaching: Connecting Student Learning With Standards. New Delhi: SAGE Publication.

Doolittle, P E.et al. 2006. Model Reciprocal Teaching for Reading Comprehention in Higher Education: A Strategy for Fostering the Deeper understanding of Texts. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 17(2). P. 106-118.

Manohar, U. 2008. Model Reciprocal Teaching Strategies. Artikel. Tersedia pada http://www.buzzle.com. Diakses pada tanggal 9 September 2010.

Nurwantoro. 2001. Penerapan Reciprocal Teacing pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas I di SMU Kemala Bhayangkari Surabaya. Tesis. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Tidak dipublikasikan.

Obiunu, J J. 2008. The Effects of Reciprocal Peer Tutoring on the Enhancement of Career Decision Making Process among Secondary School Adolescents. Educational Research and Review. 3(7). 236-241. Available at: http://www.academicjournals.org/ERR.

Palincar, A&Brown,A. 1984. Model Reciprocal Teaching of Comprehention-forestering and Comprehention-monitoring Activities. Cognition and Instruction. Avaiable at: http://people.usac.ed/Palincsar reprocical Teaching. Diunduh September 2011.

Sudiana, I. N. 2007. Membaca. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sutama, M. 2011. Mengapa Bahasa Indonesia Menjadi “Pembunuh” dalam UN? Dalam Opini Bali Post 21 Mei 2011 halaman 6 kolom 3-6.

Taro, M. 2009. Gemarlah Membaca, Maka Cerdaslah Bangsaku. Dalam Bali Post 27 Desember 2009 halaman 17 kolom 3-7.

Yahya,T. 2010. Suka Membaca Berpotensi Jadi Kaya. Dalam Interaktif Bali Post 2 Agustus 2010, halaman 13 kolom 6-8.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-04-05