PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BONGKAR MUAT PADA PT GLOBAL LOGISTIK INTERNASIONAL BELAWAN

Authors

  • Anggi Universitas Potensi Utama Medan
  • Yahya Tanjung Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.400

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, kualitas
pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan PT Global Logistik Internasional Belawan, baik
itu secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif
kuantitatif dengan teknik analisis linear berganda. Populasi adalah pelanggan PT Global Logistik
Internasional Belawan yang berjumlah 42 responden, sampel menggunakan Teknik sensus atau
sampel total berjumlah 42 pelanggan. Data penelitian bersumber dari dara primer dan data
pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuisioner. Hasil peneliatian menunjukkan harga
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan pada PT Global Logistik
Internasional Belawan. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan secara positif
dan signifikan pada PT Global Logistik Internasional Belawan. Fasilitas berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan pada PT Global Logistik Internasional Belawan.
Ada pengaruh signifikan secara simultan Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap terhadap
Kepuasan Pelanggan pada PT Global Logistik Internasional Belawan. Hasil perhitungan regresi dapat
diketahui bahwa koefisien determinasi (R square) yang diperoleh sebesar sebesar 0,798 Hal ini
menunjukkan bahwa harga, kualitas pelayanan dan fasilitas memberikan pengaruh sebesar 79,8%
terhadap kepuasan pelanggan sedangkan sisanya sebesar 20,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Aisyah, R. S., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi

Harga Dengan Kepuasan Pelanggan Di Restoran Joe’s Grill Swiss Bell-Hotel Mangga Besar.

ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(2), 177-188.

Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak.

Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(1), 94-99.

Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara.

Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), 11(2), 498-504.

Azhari, M. S., & Parhusip, A. A. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, STORE

ATMOSPHERE DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. JURNAL WIDYA,

(1), 418-430.

Estamarinda, E., Akila, A., & Sinarti, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga

Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hompizz Pizza Palembang. Jurnal Manajemen dan Investasi

(MANIVESTASI), 3(1), 69-82.

FADILLA, R. C. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA BONGKAR MUAT

TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PT PELABUHAN TANJUNG PRIOK

CABANG PANJANG).

Fadillah, F., & Haryanti, I. (2021). Analisis pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap

kepuasan pelanggan pada PT. pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima. Jurnal At-Tamwil:

Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 125-139

Haryanto, E. (2013). Kualitas layanan, fasilitas dan harga pengaruhnya terhadap kepuasan

pengguna jasa layanan pada kantor samsat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi,

Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Irawan, I., Yuliana, Y., Arwin, A., & Jovando, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Orang Tua Murid Di IEC, Medan. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(3), 332-

Malawau, C. V. (2020). Analisis Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa

Bongkar Muat Pada Pt. Banga Sarana Surya (Doctoral dissertation, STIA DAN MANAJEMEN

KEPELABUHANAN BARUNAWATI SURABAYA).

Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas

Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727-737.

Okthary, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pelabuhan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Bongkar Muat Pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Belawan (Doctoral dissertation,

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint. CiDEA Journal, 2(1), 24-37.

Setiawati, E. E., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan

dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Skincare

Unilever di Aster Kosmetik Malang). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 14(2),

-192.

Silvia, D., & Irwadi, I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap

Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut PT. Perdana Mandiri

Sejahtera. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 13(2), 212-219.

Siregar, R. A. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan dan Fasilitas dengan Kepuasan Pelanggan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Cabang Padangsidimpuan (Doctoral

dissertation, Universitas Medan Area).

Sokhiyah, R. I. A. U. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN

CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG (Studi Empiris

Pada Kospin Jasa Temanggung) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah

Magelang).

Suhardi, Y., Zulkarnaini, Z., Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh

Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi,

(02), 31-41.

Sundari, I., & Tanjung, Y. (2023). Pengaruh Harga Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Konsumen Pada PT Bintang Reality Multiland. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(1), 190-

Tafonao, W. (2023). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP

PERILAKU KONSUMEN PADA UD. FATEMALUO DI DESA HILISALOO. Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Nias Selatan, 6(1), 108-117.

Tauha, L. O. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen

pada Jasa Pemanduan PT Bias Delta Pratama (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Tarigan, S. F. P. B., & Tanjung, Y. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan

Terhadap Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Indihome PT. Telkom Indonesia. Management,

Accounting, Islamic Banking and Islamic Economic Journal, 2(1), 63-75.

Utari, P. S., & IRMAN FIRMANSYAH, S. E. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN

DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RUMAH

SAKIT BHAYANGKARA SETUKPA SUKABUMI (Studi kasus pada Instalasi Farmasi Rumah

Sakit Bhayangakara Setukpa Sukabumi): Manajemen Pemasaran. Jurnal Mahasiswa Manajemen,

(2), 60-77.

Downloads

Published

2024-10-30

Most read articles by the same author(s)