PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN PADA PRODUK DI INDOMARET MEDAN MARELAN

Authors

  • Cindy Permata Putri Universitas Potensi Utama Medan
  • Yahya Tanjung Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.402

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, dan Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan
Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada produk di Indomaret. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel
atau lebih. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Indomaret cabang Medan
Marelan sebanyak 100 orang. Hasil penelitian secara parsial variabel Kualitas Pelayanan tidak
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada produk di Indomaret cabang Medan
Marelan. Secara parsial variabel Kualitas Produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
minat beli pada produk di Indomaret cabang Medan Marelan. Secara parsial variabel Harga memiliki
pengaruh negatif dan signifikan terhadap minat beli pada produk di Indomaret cabang Medan
Marelan. Variabel Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga secara bersama-sama (simultan)
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada produk di Indomaret cabang Medan
Marelan.

References

Abunawas, 2023. Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jakarta: Pilar Press.

Anggi, 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Indihome (Studi

Kasus PT. Infomedia Nusantara Bandung). Jurnal Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi. Vol. 5

No. 3. Halaman. 523-533.

Angipora, 2022, Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Arinawati, 2019. Penataan Produk dan Kualitas Pelayanan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana

Indonesia.

Badan Pusat Statistik Indonesia, 2024. Tentang Jumlah Penduduk Indonesi.

Euromonitor International, 2024 https://data.goodstats.id/statistic/indomaret-jadi-gerai-ritelterbanyak-di-indonesia-pada-2024-8JIID.

Gilang, 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah

Makan Mang Engking di Surakarta. Skripsi Ekonomi dan Bisnis.Program Sarjana. Universitas

Muhammadiyah Surakarta

Gunawan, 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian

Produk Mark.On.Id. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol. 6. No. 2. Halaman. 103-113.

Harjadi, 2021. Experiental Marketing dan Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi

Milenial. Jakarta : Insania.

Husnul, 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli yang Dimediasi oleh Kepuasaan

Konsumen (Studi Minimarket Indomaret Kota Banda Aceh). Skripsi Ekonomi dan Bisnis.

Program Sarjana. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Handoko, 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasman, 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen

Marketplace Lazada. Jurnal Economina. Vol. 2. No. 9. Halaman. 2274-2293.

Kotler, 2019. Prinsip-prinsip Marketing Edisi ke Tujuh. Jakarta : Salemba Empat.

Kevin, 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat

Beli Konsumen di Nusantara Mart Gendingan Tulungagung. Jurnal Penelitian Ekonomi

Manajemen dan Bisnis (JEKOMBIS). Vol.1. No. 3. Halaman. 34-48.

Kismono, 2021. Bisnis Pengantar Ekonomi dan Bisnis Yogyakarta : Press UGM.

Lestari, 2021. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy PT.

Amerta Mahmudah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen. Vol. 5. No. 1. Halaman. 45-52.

Lupiyoadi, 2020. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Downloads

Published

2024-10-30

Most read articles by the same author(s)