PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. PIXELINDO REFFIL CENTER

Authors

  • Dea Utami Universitas Potensi Utama Medan
  • Yahya Tanjung Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.388

Keywords:

Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi secara parsial
terhadap keputusan pembelian pada PT. Pixelindo Reffil Center, untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian pada PT. Pixelindo Reffil
Center dan Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi dan kualitas produk secara
simultan terhadap keputusan pembelian pada PT. Pixelindo Reffil Center. Uji Asumsi Klasik, Uji t,
Uji F dan Uji Determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
variabel promosi secara positif dan signifikan dengan variabel keputusan pembelian yang dikehatui
dari 2.202> 1.984 dan dengan probabilitas Sig pada promosi 0,030 < 0,05 dikarenakan nilainya lebih
kecil dari (0,05). Selanjutnya ada pengaruh variabel Kualitas Produk memiliki pengaruh yang nyata
(signifikan) dan positif dengan variabel Keputusan Pembelian yang dikatehui dari ttabel sebesar 1.984
maka 9.957 > 1.984 dengan probabilitas Sig pada Kualitas Produk 0,000 < 0,05 dikarenakan nilainya
lebih besar dari (0,05) dan ada pengaruh promosi dan kualitas produk secara simultan terhadap
keputusan keptuusan pembelian diketahui dari nilai Fhitung 72.869 > 2.31.

References

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA),

(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

Aldini, Ahmad Feriyansyah, & Sella Venanza. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva?: Riset Akuntansi

Dan Keuangan, 3(1), 44–53. https://doi.org/10.52005/aktiva.v3i1.130

Amelia Agustine, M., Astuti, M., & Sembiring, R. (2021). Peran Citra Merek Dan Harga Dalam

Keputusan Pembelian Jasa Ranahcreative Di Jabodetabek. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis,

(1), 29. https://doi.org/10.26623/jreb.v14i1.3237

Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk

Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Produk Rabbani Di Palembang. Jurnal

Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 26.

https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.4176

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on

the Purchase Decision of Converse Brand Shoes. Akmami, 2(2), 204–219.

Bintang, J. I., & Tanjung, Y. (2023). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda PT. Indako Trading Coy. JUBIMA?: Jurnal Bintang

Manajemen, 1(1), 206–221. https://ejurnal.stietrianandra.ac.id/index.php/jubima/article/view/1112

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap

Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 15–30.

https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2

Desianti, R. P., & Wardhana, A. (2022). The Effect Of Marketing Strategy And Product Quality

On Purchase Decisions For Products Richeese Factory Paris Van Java Bandung. E-Proceeding of

Management, 9(3), 1593–1603.

Efendi, F. B., & Aminah, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan

Pembelian Produk Skincare Skintific (Studi pada Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur). JMAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 762. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1055

Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit

UNDIP.

Guntur, A., Yanti Maleha, N., & Satria, C. (2021). Pengaruh Pemasaran dan Kualitas Produk

Halal terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng pada Masyarakat Kalidoni (Studi Kasus Pt.

Kurnia Tunggal Nugraha Cabang Kalidoni Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi

Syariah, 1(2), 135–140.

Hutabarat, N. R. M. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan

Produk Indihome Di PT. Telkom Medan Sumatera Utara (Studi Kasus Di Marelan). Journal

Stiayaappi Makassar, 3.

Ichlasul Naufal Hakim, & Imam Nuryanto. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga,

Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Digital Canon Di

Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen,

Jackson R.S. Weenas. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan

Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jackson R.S. Weenas -

KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN

PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPRING BED COMFORTA,

(4), 607–618. https://doi.org/2303-1174

Luh Kadek Budi Martini, Ni Putu Widiastuti, & I Gede Sastrawan. (2023). Pengaruh Strategi

Pemasaran, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Pada Desas Gift Bali. Majalah Ilmiah Widyacakra, 6(1), 1–13.

https://doi.org/10.56915/miw.v6i1.135

Mailani, & Tanjung, Y. (2023). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha N-Max Di PT. Alfa Scorpii SM Raja Medan.

Student Research Journal, 1(1), 323–338.

Manajemen, J., Nomor, V., Desember, J., Kinerja, M., Pandemi, M., Kesiapan, C.-A., &

Kepemimpinan, E. (2020). Jurnal Manajemen dan Akuntansi Volume 15 Nomor 2 Juli –

Desember 2020. 15, 1–13.

Mathori, M., Sukmawati, D. A. R., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas

Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc (Studi pada Konsumen di

Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia STIE Widya

Wiwaha, 2(2), 579–599.

Monica, A., & Bahrun, K. (2020). Pengaruh kualitas produk,harga, dan promosi terhadap

keputusan pembelian kue bay tat chanaya di Kota Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan

Bisnis (Jmmib), 1(2), 174–182.

Downloads

Published

2024-10-30

Most read articles by the same author(s)