PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA SERVICE MOBIL PADA PT. WAHANA TRANS LESTARI MEDAN CABANG NISSAN AMIR HAMZAH

Authors

  • Chamisa Sahara Siregar Universitas Potensi Utama Medan
  • Yahya Tanjung Universitas Potensi Utama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54593/awl.v5i2.411

Keywords:

PT. Wahana Trans Lestari Medan, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Konsumen.

Abstract

Penelitian ini tentang pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen
dalam menggunakan jasa service mobil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa service mobil di PT.
Wahana Trans Lestari Medan, Cabang Nissan Amir Hamzah. Latar belakang penelitian ini berangkat
dari pentingnya perusahaan dalam menjaga kualitas pelayanan dan fasilitas yang memadai untuk
meningkatkan kepuasan konsumen. Dengan persaingan yang ketat di industri otomotif, pelayanan
yang baik serta fasilitas yang nyaman dapat memengaruhi loyalitas konsumen. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan
kepada 100 responden yang merupakan konsumen Nissan Amir Hamzah Medan. Data yang
terkumpul dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk melihat hubungan antara variabel
independen (kualitas pelayanan dan fasilitas) dengan variabel dependen (kepuasan konsumen). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa baik kualitas pelayanan maupun fasilitas memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dimensi daya tanggap pada kualitas pelayanan serta
unsur pendukung pada fasilitas mendapatkan skor tertinggi dalam memengaruhi kepuasan. Secara
keseluruhan, kualitas pelayanan dan fasilitas berkontribusi sebesar 60,3% terhadap kepuasan
konsumen, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
peningkatan pada aspek jaminan pelayanan dan kenyamanan fasilitas ruang tunggu dapat lebih
meningkatkan kepuasan konsumen di masa mendatang.

References

Andari, M. P., & Mulyantomo, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepercayaan

Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hotel Pandanaran

Semarang). Solusi, 18(3), 77–88.

Annur, R. R., & Tanjung, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap

Kepuasan Nasabah di PT. Bank Sumut. Jurnal Bintang Manajemen, 1(1), 192–205.

Arianty, N., Andriany, D., & Jasin, H. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Medan:

Perdana.

Bagozzi, R. P., Rosa, J. A., Celly, K. S., & Coronel, F. (2018). Marketing-Management. Berlin:

Walter de Gruyter.

Br Marbun, M., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan

Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran).

Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui

Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1),

–224.

Dimas, D. K., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap

Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. YUME: Journal Manager, 5(1), 348–358.

Efdison, Z., Yelnim, Yadewani, D., Harahap, E. F., & Nurmadi, A. (2023). Pengaruh Fasilitas,

Kualitas Pelayanan Dan Pengalaman Terhadap Kepuasan Konsumen Penginapan Citra Alam 2

Kota Sungai Penuh. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(1), 95–106.

Famungka, M., & Alriani, I. M. (2023). Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi

Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe

Madya Pabean Tanjung Emas Semarang. JKA?: Jurnal Kendali Akuntansi, 1(2), 142–158.

Farasi, B., & Pohan, Y. A. (2024). Pengaruh Disiplin, Kepemimpinan Dan Fasilitas Kerja

Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Mabar Feed Indonesia. Jurnal Widya, 5(April), 755–763

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Giawa, M. O., & Riski, M. S. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen pada Foto Copy Kurnia Jaya

Sangatta. Jurnal EKSIS, 18(1), 1–11.

Gunawan, C. (2020). Mahir Menguasai SPSS . Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian.

Sleman: Deepublish CV. Budi Utama.

Keller, K. dan, & (2016). (2016). Sufandy, Analisis dan Penerapan Bauran Promosi Pada Toko

Adore Batam, 2019.

Kotler dan Keller. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2 (2nd ed.). jakarta: Gramedia Pustaka

Utama.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Kevin Lane, K. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks

Kurniawan, J., Brian, R., & Theodrora Mulyono, S. (2022). Pengaruh Fasilitas Terhadap

Kepuasan PelangganDi Museum Macan, Jakarta. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 5(2), 1–6.

Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/wisat

Latif, A. S., Wibowo, T. S., Nurdiani, T. W., Alimin, E., & Suharyat, Y. (2023). Increasing

Customer Loyalty Through Service Quality and. International Journal of Economics, Bussiness

and Accounting Research (IJEBAR), 2023(2), 1–9

Downloads

Published

2024-10-30

Most read articles by the same author(s)